DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 08 Mei 2019 / 00:26 WIB

Sebelum Imsak Bergaung, Pelajar Curi Burung

YOGYA, KRJOGJA.com - Seorang pencuri nekat beraksi disaat warga tengah bersiap melaksanakan makan sahur, Selasa (07/05/2019) dini hari. RS (24) warga Notoprajan Ngampilan mencuri tiga ekor burung milik Guntoro Hadi (51) yang tinggal di Kadipaten Kraton. Beruntung Polisi cepat mengamankan pelaku sehingga aksi main hakim sendiri tidak terjadi.

Aksi pencurian yang dilakukan pemuda berstatus sebagai pelajar kejar paket tersebut diketahui sendiri oleh korban. Saat itu korban yang tengah tidur terbangun karena mendengar suara gaduh di teras depan rumah.

Ia kemudian keluar dan melihat tersangka tengah berusaha mengambil burung miliknya dari dalam sangkar. Spontan korban berteriak dan beberapa warga yang tengah bersiap sahur seger berdatangan ke rumahnya.

Pelaku yang sudah terkepung tak bisa berkutik dan akhirnya menyerah. Melihat ada kerumunan warga, Polisi yang tengah patroli kemudian mendatangi lokasi dan mengamankan tersangka.

"Tersangka mengambil tiga ekor burung jenis kenari, gelatik, jongkrangan lalu dimasukan ke dalam tas warna hitam miliknya. Harga total burung-burung tersebut berkisar Rp 300.000," ungkap Kapolsekta Kraton, Kompol Etty Haryanti.

Pelaku saat ini telah mendekam di sel tahanan Mapolsekta Kraton. Atas perbuatannya ia diancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dimana sanksi penjara mencapai lebih dari 5 tahun. (Van)