Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 07 Mei 2019 / 00:10 WIB

Rel Dipantau, PT KAI Daop 5 Purwokerto Siapkan Prasarana

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Menjelang angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop 5 Purwokerto terus melakukan persiapan sarana dan prasarana. Untuk persiapan sarana seperti melakukan perawatan lokomotif dan kereta, baik untuk perjalanan KA Reguler maupun KA tambahan lebaran.

"Kemudian untuk kesiapan prasarana, KAI Daop 5 Purwokerto, sudah melakukan perawatan, melakukan pemetaan daerah-daerah rawan disepanjang jalur KA dengan menempatkan petugas maupun peralatan siaga  Alat dan Material Untuk Siaga (Amus) di 20 lokasi," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Senin (6/5/2019).

Menurutnya persiapan Amus, apabila dibutuhkan dapat segera dilakukan mobilisasi, termasuk personil Flying gang. Selain itu, untuk memantau kondisi jalur KA setiap saat mengoptimalkan dan menambah petugas  pemeriksa jalan, serta penjaga perlintasan rawan dan juga pengawasan daerah rawan.

Untuk personil keamanan, PT KAI Daop 5 memaksimalkan personil pengamanan internal dari Polsuska dan Securiti, kemudian selama masa angkutan lebaran 2019 juga akan melibatkan personin keamanan dari TNI dan POLRI.

Sedang untuk penjualan tiket KA-KA reguler, sudah dibuka H-90 lalu, atau tanggal 25 Februari 2019 untuk perjalanan KA reguler tanggal 26 Mei 2019, atau H-10 lebaran.  

Ada 12 keberangkatan KA reguler, yang berawal dari stasiun di Daop 5 Purwokerto, dengan kapasitas tempat duduk 7.304 seat per hari.Ke 12 KA tersebut, KA Purwojaya relasi Cilacap - Gambir pulang pergi (pp), KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo - Pasarsenen pp, KA Sawunggalih malam, relasi kutoarjo - pasarsenen pp,KA Logawa, relasi Purwokerto - Jember, KA Kutojaya Utara, relasi Kutoarjo - Pasarsenen pp.

Kemudian KA Kutojaya Selatan, relasi Kutoarjo - Kiaracondong pp,KA Serayu Pagi, relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasarsenen pp,KA Serayu Malam, relasi Purwokerto - Kiaracondong - Pasarsenen pp, KA Wijayakusuma, relasi Cilacap - Surabaya - Banyuwangi pp, KA Kamandaka, relasi Purwokerto - Semarang, KA Joglosemarkerto, dan Purwokerto - Semarang, KA Joglosemarkerto, relasi Purwokerto - Semarang - Solo.

Sedangkan empat KA tambahan lebaran keberangkatan dari Daop 5 dengan total 5.028 seat per hari, yakni Kutojaya Selatan  Lebaran, relasu Kiaracondong – Kutoarjo pp, Kutojaya Utara Lebaran.

Pasar Senen - Kutoarjo pp, KA Purwojaya Lebaran, Gambir – Cilacap pp, dan KA Sawunggalih Lebaran, Pasar Senen – Kutoarjo pp. Selain itu, masih ada KA KA reguler maupun tambahan yang Melewati wilayah Daop 5 Purwokerto, baik dari arah Jakarta/Bandung ataupun dari arah Surabaya/Yogyakarta.(Dri)