Peristiwa Editor : Ivan Aditya Senin, 06 Mei 2019 / 11:34 WIB

Budi Karya Diminta Pangkas Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku diberi waktu satu minggu untuk dapat memangkas harga tiket pesawat yang dikeluhkan mahal oleh masyarakat. Untuk itu, Budi Karya mengaku saat ini tengah menggodok penurunan tarif batas atas harga tiket pesawat untuk kelas ekonomi.

"Saya diberikan waktu seminggu untuk menetapkan batas atas baru untuk kelas ekonomi," ujar Budi.

Budi mengungkapkan sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009, Kemenhub memiliki wewenang untuk menentukan tarif batas atas dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat, termasuk daya beli.

Menurut Budi, menurunkan tarif batas atas kelas ekonomi akan efektif menekan harga. Pasalnya, jika maskapai layanan penuh (full-service) menurunkan harga tiket pesawat, biasanya maskapai lain akan mengikuti.

Namun, Kemenhub juga akan memastikan kisaran tarif masih ekonomis untuk industri penerbangan meski tarif batas atas dipangkas. "Sebelum ini, tarif tertinggi Garuda Indonesia itu paling-paling 60-70 persen dari tarif batas atas karena persaingan dengan yang lain. Nanti, kalau saya turunkan (TBA) jadi 85 persen atau 90 persen itu tetap lebih tinggi dari tarif yang diberlakukan Garuda sebelumnya," jelasnya. (*)