Peristiwa Editor : Ivan Aditya Minggu, 05 Mei 2019 / 06:52 WIB

Rusia Siap Bantu Venezuela

RUSIA, KRJOGJA.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Jumat (3/5) waktu setempat bahwa dirinya berfokus pada pembahasan bantuan kemanusiaan di Venezuela saat berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon.

Trump dan Putin berbicara melalui telepon selama lebih dari sejam dalam pembahasan sejumlah topik. Perbincangan keduanya yang pertama kali diketahui terjadi sejak Desember lalu dan ketika tensi meninggi di Venezuela.

Kedua negara tersebut diketahui masing-masing mendukung kedua kubu yang saling bersitegang di Venezuela. Amerika Serikat mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido yang berupaya mengkudeta Presiden Nicolas Maduro yang didukung Rusia.

Perbincangan dengan topik bantuan kemanusiaan ini jadi hal yang baru mengingat Amerika Serikat curiga Rusia terlibat dalam krisis yang terjadi di Venezuela. Bulan lalu, ketika Rusia mengirim sekelompok tentara ke Venezuela, Trump mengatakan kepada media: "Rusia mesti keluar dari sana". Namun Rusia mengatakan tentara mereka akan tetap bertahan di negara tersebut. (*)