DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 05 Mei 2019 / 00:01 WIB

Lupa Padamkan Tungku, Rumah Ludes Terbakar

YOGYA, KRJOGJA.com - Kebakaran melanda satu rumah warga di Gunungketur Pakualaman Yogyakarta, Sabtu (04/05/2019). Diduga kebakaran dipicu api dalam tungku yang belum seluruhnya dipadamkan. Samijo (66) pemilik rumah menjadi korban saat mencoba memadamkan api, nyawanya berhasil selamat walau harus menderita luka bakar.

Peristiwa ini terjadi saat istri korban, Wati (35) memasak menggunakan kayu bakar dalam tungku di dapur. Usai memasak Wati kemudian ke Pasar Sentul untuk berbelanja, namun sebelumnya ia memadamkan api dalam tunggu terlebih dahulu dengan menyiramnya mengunakan air.

“Ternyata api dalam tunggu belum sepenuhnya padam. Api kemudian merembet ke kayu bakar lainnya kemudian membakar tempat tersebut,” ungkap Kapolsekta Pakualaman, Kompol Herman Pratikno.

Warga yang sedang berjalan depan rumah korban mendengar suara seperti orang memasak, namun didekati ternyata api sedang melalap rumah Samijo. Tetangga tersebut langsung berteriak dan Samijo yang berada tak jauh dari rumahnya segera melakukan pemadaman dengan air seadanya.

Upaya yang dilakukan Samijo tak berhasil, justru ia terjilat api sehingga menderita luka bakar pada bagian kaki dan tangannya. Api baru bisa dijinakkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

“Untuk korban luka bakar segera dibawa RS Bethesda. Kerugian materi belum bisa diketahui karena istri korban masih shokm,” jelasnya. (Van)