Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 03 Mei 2019 / 16:31 WIB

Dituduh Melakukan Politik Uang, Caleg Lapor Polisi

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Seorang calon anggota legislatif (caleg) dari sebuah partai politik (Parpol) di Kabupaten Purworejo, Ghofururoohim melaporkan tindakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purworejo ke Polres Purworejo. Menyusul tindakan politik uang yang dituduhkan kepadanya saat hari tenang menjelang pemungutan suara dalam Pemilu kemarin.

“Kalau itu dikatakan sebagai sebuah operasai tangkap tangan (OTT), itu dilakukan saat saya berada di rumah. Uang itu sedianya untuk kebutuhan para saksi di TPS,” katanya, Jumat (3/5/2019).

Didampingi pengacaranya Dr H Teguh Purnomo SH MHum, di Mapolres Purworejo Ghofururoohim menjelaskan, bahwa saat itu dirinya memang menyediakan dana untuk kebutuhan operasional pencalegan, termasuk untuk membayar saksi. Namun dana itu kemudian dituduhkan sebagai politik uang. “Karena sebagian uang itu dipinjam Bawaslu sebagai barang bukti, maka sampai sekarang masih ada saksi saya yang belum dibayar,” tandasnya.

Sementara itu menurut Teguh Purnomo, laporan pengaduan ke Mapolres yang dilakukan kliennya ini terkait dengan tindakan Bawaslu yang dinilai telah melanggar privasi kliennya. “Pertama masuk rumah tanpa permisi, sedang kliennya sedang tidur,” katanya.

Disamping itu juga mengambil barang-barang di dalam rumah yang itu merupakan privasi atau tempat pribadi. Bukan tangkap tangan saat membagikan uang kepada calon pemilih. “Juga belum ada klarifikasi, namun pihak Bawaslu sudah konperensi pers,” tegas Teguh Purnomo.(Nar)