Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 03 Mei 2019 / 14:50 WIB

Gencar Promosi, Dekranasda Sukoharjo Rangkul Pelaku UMKM

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Berbagai potensi yang dimiliki oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sukoharjo perlu mendapatkan wadah promosi dan pengembangan pasar agar usaha menjadi lebih maju. Seperti dilakukan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sukoharjo dalam memperingati HUT Ke-39 dengan menggelar kegiatan pasar murah dan pameran di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Graha Wijaya.

Ketua Dekranasda Sukoharjo Etik Suryani, Jumat (3/5/2019) mengatakan, ada sangat banyak potensi yang dimiliki para pelaku UMKM di Sukoharjo. Bentuknya seperti batik, pakaian, makanan, minuman, kerajinan dan lainnya. Mereka tersebar disemua wilayah di Sukoharjo dengan beragam cara pembuatannya baik secara tradisional maupun modern.

Pelaku UMKM tersebut dikembangkan tidak hanya baik untuk pemilik modal namun juga pekerja dan lingkungan sekitar. Sebab dari pelaku UMKM tidak hanya didapat produk saja namun juga kesejahteraan atau peningkatan ekonomi.

Etik menjelaskan, setiap daerah pasti punya ciri khas masing-masing. Baik di bidang budaya, seni maupun kerajinan. Hal itu menunjukkan penggalian potensi daerah agar menarik dan membedakan dengan daerah lain sehingga dibutuhkan kepiawaian, kejelian, serta menciptakan karya seni yang bernilai tinggi.

Wadah untuk mengakomodir para pelaku UMKM sudah dilakukan Dekranasda Sukoharjo. Kegiatan dilakukan dengan menggelar pasar murah, pameran dan fashion show di GPPPD Graha Wijaya.

Keberadaan kerajinan bisa menjadi wahana pemerataan pendapatan, penciptaan usaha baru, membuka lapangan pekerjaan serta pelestarian hasil budaya bangsa yang dapat menopang perekonomian masyarakat. Selain itu juga bisa mengikuti kemajuan teknologi industri dan digital.

"Masyarakat bisa melihat secara langsung produk bahkan cara produksi pelaku UMKM dalam pameran di GPPPD Graha Wijaya. Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi pelaku UMKM," ujarnya.

Pengurus Dekranasda Sukoharjo berharap pameran pelaku UMKM akan ramai pengunjung dan ada peningkatan transaksi pembelian. Kunjungan tidak hanya diharapkan dari warga lokal Sukoharjo saja namun juga daerah lain.

"Kami berharap ada promosi besar di luar agar pameran UMKM ini diserbu pembeli. Tidak hanya untuk memeriahkan GPPPD Graha Wijaya saja namun juga demi kemajuan pelaku UMKM," lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, sangat mengapresiasi pengurus Dekranasda Sukoharjo dalam merangkul pelaku UMKM agar lebih maju dengan menggelar kegiatan pameran dan pasar murah di GPPPD Graha Wijaya. Kegiatan sangat bermanfaat tidak hanya bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan produk yang dihasilkan. Namun juga bagi masyarakat bisa memiliki alternatif dalam membeli produk murah berkualitas hasil karya pelaku usaha Sukoharjo.

"Banyak produk dihasilkan menandakan banyaknya pelaku UMKM yang perlu mendapatkan dukungan semua pihak. Tidak  hanya mempromosikan namun juga meningkatkan hasil penjualan," ujarnya.

Pemkab Sukoharjo meminta pada pengurus Dekranasda Sukoharjo agar terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Sebab usaha tidak cukup hanya sekali menggelar pameran namun secara berulang diberbagai kegiatan. Termasuk apabila ada kesempatan mengirim pelaku UMKM ikut pameran di luar daerah. (Mam)