Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Kamis, 02 Mei 2019 / 20:30 WIB

Kapal USS Blue Ridge ke Jakarta Perkuat Militer RI - AS

JAKARTA, KRJOGJA.com - Sebagai bagian dalam peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat, kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan.

Salah satu bentuk konkritnya terlihat dalam kunjungan kapal USS Navy Blue Ridge, yang berlabuh di Jakarta pada Rabu 1 Mei. "Kami ingin melanjutkan penguatan hubungan kerja sama antara Indonesia dan AS, khususnya di bidang militer Angkatan Laut," kata Panglima Armada ke-7 Angkatan Laut AS Laksamana Madya Philip G. Sawyer, di Pelabuhan Tanjung Priok JICT II, Jakarta.

Ditambahkan olehnya bahwa milter kedua negara telah menjalin kerja sama erat sejak lama.

Sementara itu, menurut Komandan USS Blue Ridge, Kolonel Laut Eric J. Anduze, kapal ke-7 dalam armada utama Angkatan Laut Amerika Serikat itu telah beberapa kali menyambangi Jakarta.

"Terakhir kali kapal ini berlabuh di Jakarta, sekitar lima tahun lalu," ujarnya kepada Liputan6.com. Menurut Anduze, ada banyak personel US Navy yang belum pernah ke Indonesia. "Para pelaut kami ingin menjelajahi kota yang luar biasa ini. Dan kami juga akan melakukan pertemuan dengan TNI AL, membahas berbagai hal seputar kerja sama pertahana," jelas Anduze.

Kapal USS Blue Ridge, beserta anggota angkatan Laut Amerika Serikat di dalamnya, akan berada di Indonesia pada 1-5 Mei 2019.(*)