Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 02 Mei 2019 / 17:20 WIB

Disdukcapil Purworejo Digitalisasi Layanan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Masyarakat mulai mengakses layanan administrasi kependudukan (adminduk) digital Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo. Sejak pencanangan Disdukcapil Purworejo Go Digital 1 Maret 2019, dinas menerbitkan 8.052 kartu keluarga (KK) dan 1.616 akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Purworejo Ahmad Kasinu mengatakan, masyarakat layanan digital merupakan amanah Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Tanda Tangan Elektronik. "Tanda tangan elektronik salah satu awal digitalisasi layanan, sekarang berkas cukup diunggah pada sistem kami, lalu dibubuhi tanda tangan digital, tinggal dicetak," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, seluruh produk adminduk dapat dilayani secara digital. Pelayanan tersebut bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat penerbitan produk adminduk. Bahkan proses penerbitan tidak berlangsung lama, hanya dalam kisaran menit.

Kasinu menjelaskan proses penerbitan KTP elektronik hanya butuh waktu lima menit, sedangkan KK paling lama 30 menit. Selain itu, digitalisasi layanan juga mengurangi kontak langsung antara pemohon dengan petugas. "Pemohon tidak perlu jauh-jauh ke dinas kabupaten, cukup ke kantor desa atau kecamatan untuk mengajukan permohonan adminduk. Tidak butuh bantuan orang lain, apalagi calo, dan kami tegaskan layanannya gratis," tegasnya.

Ditambahkan, dinas juga mengadakan perjanjian kerjasama dengan sejumlah lembaga yang  membutuhkan data kependudukan. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan lebih dari 50 persen desa di Purworejo, telah menandatangani perjanjian dengan disdukcapil.

Dinas menargetkan seluruh desa di Purworejo menandatangani kerjasama pada akhir 2019. "Lembaga itu mengaplikasikan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 7.3, aplikasinya misal ada kepindahan penduduk, tidak perlu lagi pengantar RT dan RW, cukup cek pakai SIAK," tandasnya.(Jas)