Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 02 Mei 2019 / 12:19 WIB

Semarang Aman Karena Berpegang Budaya

SEMARANG, KRJOGJA.com - Kepala Kantor Perwakilan Kementrian Pertahanan RI Provinsi Jawa Tengah, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Latif Ainul Yaqin SE MM pada kesempatan memberikan sambutan dalam HUT Ke-472 Kota Semarang menyampaikan bahwa Kota Semarang memiliki karakteristik budaya multikultural yang bisa menyatu dalam kesatuan budaya Semarang, sehingga nilai-nilai toleransi menjadi pemersatu masyarakatnya dan cepat menjadikan Kota Semarang berkembang dan maju dengan pesat.

"Budaya Semarang sangat dipengaruhi oleh membaurnya budaya Jawa sebagai budaya lokal dan pengaruh budaya Arab dan Cina sehingga menguatkan masyarakatnya dalam mewujudkan kemajuan Kota Semarang sebagai kota pesisir yang kompleks karena memiliki pedalaman dan pegunungan,” ungkap Marsma Latif Ainur Yaqin di halaman Balaikota Semarang, Kamis (02/05/2019).

Karena tingginya jiwa toleran dalam mewujudkan rasa persaudaraan, maka persatuan dan kesatuan rakyat Semarang tidak mudah goyah dengan hal-hal yang mengarah poada perpecahan. Hal tersebut menurut Latif tercermin pada situasi aman dan kondusif pasca Pemilu Legislatif dan Presiden beberapa lalu.

"Semarang sebagai penyangga Jawa Tengah telah menunjukkan iklim kondusif sehingga ini sangat berpengaruh pada seluruh wilayah Jawa Tengah. Semoga semangat persaudaraan yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan penghargaan atas perbedaan yang dimiliki warga masyarakat Semarang bisa terus menggelora dan menyemangati seluruh komponen masyarakat se nusantara demi terjaganya Negara Kesatuan republik Indonesia,” tambah Latif Ainul Yaqin.

Perayaan Ulang Tahun Ke-472 Kota Semarang ini dimeriahkan dengan pagelaran Tarian Massal yang dibawakan 14 Ribu warga Kota Semarang dan mendapatkan apresiasi dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID). Tarian massal kolosal ini memecahkan rekor Tari Jaranan Massal di Solo beberapa waktu lalu dalam rangka Solo Menari di Sriwedari.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh warga Semarang yang telah bersatu padu menjaga dan membangun Semarang bersama-sama untuk mewujudkan 'Semarang Hebat'. Beberapa capaian prestasi dari Pemerintah Provinsi maupun Pusat merupakan bukti keberhasilan dan kerja masyarakat Semarang. Untuk itu Hendrar Prihadi selalu meminta agar warga Kota Semarang terus mempertahankan dan meningkatkan rasa kebersamaan.

Para pejabat, termasuk Walikota dan Wakil, ikut hanyut dalam joget goyang Semarang bersama ribuan warga Kota Semarang. Apalagi Marsma TNI Latif Ainul Yaqin di akhir acara membagikan tiga sepeda MTB bagi yang bisa menjawab pertanyaannya.

Puji salah satu pelajar SMP Negeri di semarang bahagia, usai menari dia berhasil menjawab pertanyaan dari Marsma TNI Latif Ainul Yaqin dan berhasil membawa pulang sepeda hadiahnya. (Cha)