Jateng Editor : Agus Sigit Rabu, 01 Mei 2019 / 20:32 WIB

Sehari Jelang Batas Akhir, Baru 8 Parpol Serahkan LPPDK

PURBALINGGA, KRjogja.com – Hingga Rabu (1/5/2019) pukul 16.00, baru 8 Parpol yang sudah menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Masing-masing PKB), Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Berkarya, Partai Perindo, PSI, Partai Demokrat, dan PBB. Sementara enam partai lainnya, yakni PDIP, Golkar, PKS PPP, PAN dan Hanura belum menyerahkan laporan tersebut. Keenam partai baru melakukan konsultasi kepada KPU Purbalingga.

Anggota Bawaslu Purbalingga Koordinator Divisi (Kordiv) Sengketa, Teguh Irawanto mengingatkan, Pasal 53 ayat (5) dan ayat (6) PKPU Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum mengharuskan partai politik peserta pemilu menyampaikan LPPDK paling lambat 15 hari setelah pelaksanaan pemungutan suara.

“Kamis 2 Mei pukul 16.00 hari terakhir penyerahan LPPDK ke KPU,” tutur Teguh kepada wartawan, Rabu sore (1/5/2019).

Teguh berharap pengurus Parpol bisa mematuhi ketentuan PKPU tersebut. Karena bagi parpol yang tidak menyerahkan LPPDK kepada kantor akuntan publik yang ditunjuk oleh KPU hingga batas waktu yang sudah ditentukan, bakal dikenakan sanksi, yakni calon terpilih dari parpol tersebut tidak ditetapkan.

”Sanksi itu diatur dalam Pasal 338 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 20T17 tentang Pemilu,” ujarnya.

Bawaslu, lanjut Teguh melakukan pengawasan ketat terhadap LPPDK sesuai tingkatannya. Laporan transaksi penerimaan dan pengeluaran dimulai dari masa Kampanye hingga berakhirnya masa Kampanye.

“Sesuai ketentuan Pasal 15 Perbawaslu 29 Tahun 2018 tentang Pengawasan Dana Kampanye Pemilihan Umum, pengawasan dilakukan dengan memeriksa dokumen dan pengawasan secara langsung,” ujarnya. (Rus)