Olahraga Editor : Danar Widiyanto Rabu, 01 Mei 2019 / 15:30 WIB

SSB Bener United dan Gazzela Loano Juara Liga

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Pengurus Kabupaten (Pengkab) PSSI Purworejo menyelesaikan liga usia dini kelompok umur U 11 tahun dan U 13 tahun. Sekolah Sepakbola (SSB) Bener United berhasil menjuarai kompetisi U 11 dan Gazzela Loano jawara U 13.  

Bener United merajai klasemen U 11 dengan perolehan poin 27 setelah memenangi sembilan pertandingan. Agus Afrianto pelajar SD Kedungpucang menjadi penyumbang skor terbanyak bagi Bener United dengan 17 gol.

Juara kedua kompetisi U 11 diraih SSB Timur Kota Cangkrep Purworejo, juara ketiga SSB Budi Sudarsono Kecamatan Grabag dan peringkat empat IM Purwodadi.

Sementara Gazzela Loano memperoleh poin 18 dari delapan pertandingan yang dijalani. Gazzela enam kali memenangi partai dan dua kalah. Wisnu Bayu Santoso pemain U 13 SSB Mitra Buana Kutoarjo menjadi top skor dengan membukukan 16 gol.

Untuk pemenang kedua U 13 diraih SSB Remaked Baledono Purworejo, juara tiga SSB Timur Kota Cangkrep dan peringkat empat SSB Mitra Buana Kutoarjo. "Kompetisi dua setengah bulan bisa diselesaikan dengan baik. Tinggal menyisakan kompetisi U 15 setelah lebaran," ungkap Ketua Pengkab PSSI Purworejo, Angko Setiyarso Widodo, kepada KRJOGJA.com, usai penyerahan piala, di lapangan Batalyon Mekanik 412/BES Purworejo, Rabu (1/5/2019).

Menurutnya, hasil kompetisi belum terlihat karena liga usia dini baru pertama kali diselenggarakan di Purworejo. Kompetisi jadi sarana penjaringan pesepakbola muda berbakat. 
"Namun kami amati bakat mereka sudah terlihat, ada beberapa pemain menonjol yang akan kami satukan jadi tim pengkab, semacam timnasnya Purworejo," tuturnya.

Tim bentukan itu diproyeksikan akan mengikuti Piala Suratin U 17 beberapa tahun mendatang. Mereka tetap menjadi anggota SSB, namun dijadwalkan latihan bersama minimal dua kali seminggu. 

Untuk penyemangat, lanjutnya, pengkab membuat sisten promosi dan degradasi untuk tim tersebut. "Supaya dinamis dan ada persaingan yang sehat, akan ada promosi degradasi. Pemain yang kurang berkembang baik, bisa diganti anak lain yang kualitasnya bagus," terangnya.

Bendahara Pengkab PSSI Purworejo Kusmono menambahkan, PSSI Purworejo sedang membangun sistem pembinaan usia dini lewat kompetisi kelompok umur.(Jas)