DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 01 Mei 2019 / 10:09 WIB

Ditambah, Sekolah Vokasi UGM ada 13 Prodi Sarjana Terapan

YOGYA, KRJOGJA.com – Keputusan sekolah vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) telah bulat untuk tidak lagi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru diploma 3 (D3) mulai tahun ini. Meski begitu, mereka telah menyiapkan 9 program studi (prodi) baru untuk sarjana terapan atau diploma 4.

Adapun 4 prodi sarjana terapan yang telah diselenggarakan dari tahun-tahun sebelumnya juga terus dipertahankan hingga saat ini. Alhasil kini pun mereka telah memiliki 13 prodi bagi calon mahasiswa baru UGM.

“Tahun ini kami bisa membuka 13 prodi untuk sarjana terapan, targetnya 21 prodi tetapi beberapa lainnya masih belum pada tahap final sehingga pendaftarannya tidak dibuka tahun ini,” ujar Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto PhD kepada rekan-rekan media, Selasa (30/04/2019).

Nantinya, lulusan sarjana terapan itu dapat menyandang gelar S.Tr. Mereka pun dapat langsung melanjutkan pendidikan di jenjang S2 ataupun S2 Terapan baik dalam dan luar negeri. Ketika memutuskan bekerja seusai lulus sarjana terapan, mereka juga akan mendapatkan pekerjaan yang selevel S1.

Selain mendapatkan ijazah, lulusan sarjana terapan juga akan memiliki sertifikasi kompetensi sesuai dengan bidangnya, english proficiency, surat keterangan pendamping ijazah, dan prototype atau produk.

“Syarat lulus mahasiswa sarjana terapan harus membuat sebuah produk nyata. Nantinya produk-produk mahasiswa itu juga akan berusaha dipatenkan. Jadi tidak hanya membuat paper saja untuk kelulusan, tapi produk yang kemudian kami paperkan,” imbuhnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Agus Nugroho ST MT menyampaikan, kurikulum yang diusung Sarjana Terapan sendiri ialah 60% praktik dan 40% teori. Supaya menambah keilmuan industri terkini, beberapa praktisi pun akan dihadirkan sebagai dosen tamu. Dengan begitu, lulusan sarjana terapan pun dinilai akan selalu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri.

Berikut merupakan 13 prodi Sarjana Terapan UGM :

1. Pembangunan Ekonomi dan Kewilayahan

2. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat

3. Teknologi Rekayasa Internet

4. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

5. Manajemen dan Penilaian Properti

6. Perbankan

7. Akuntansi Sektor Publik

8. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

9. Teknologi Rekayasa Mesin

10. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

11. Teknologi Rekayasa Elektro

12. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

13. Manajemen Informasi Kesehatan (KRA-01)