DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 29 April 2019 / 16:22 WIB

Bangunan Pujasera Rusak, Pengelola Sulit Memperbaiki

IMOGIRI, KRJOGJA.com -  Dampak banjir Sungai Oya beberapa waktu lalu mengakibatkan kerusakan infrastruktur di objek wisata Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) Selopamiro Kecamatan Imogiri Bantul. Kerusakan  terparah terjadi pada dua MCK ditepi sungai itu. 

Bangunanan itu hampir roboh ke sungai lantaran posisinya diatas tebing sungai. Sementara pemerintah Desa Selopamioro Imogiri hingga kini masih kesulitan untuk melakukan perbaikan kerusakan. Karena setelah proposal untuk perbaikan diajukan ke Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) ternyata tidak ada anggaran untuk perbaikan di Oya.                                     
"Dari desa tidak bisa mengalokasikan angggaran, karena kerusakan tersebut masuk Sungai Oya," ujar Kasi Pelayanan Desa Selopamioro Imogiri,  Danang Kumorojati, Senin (29/4).                                    

Danang  mengatakan, setelah terjadi kerusakan disisi utara bangunan Pujasera khususnya MCK. Pengelola Pujasera sebenarnya sudah mengajukan proposal ke BBWSO dengan harapan bisa membantu melakukan perbaikan kerusakan. Namun baru diketahui, ternyata dari  BBWSO hanya menyediakan Bronjong. 

Sementara batu dan tenaga diserahkan kepada warga sepenuhnya.  Dengan posisi seperti itu,  menurut Danang warga jelas tidak akan mampu. "Panjang kerusakan 300 meter, total anggaran mencapai  biaya Rp  70 juta. Nilai itu sangat besar ketika dibebankan kepada warga jelas tidak akan mampu," ujar Danang.  (Roy)