Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Senin, 29 April 2019 / 13:55 WIB

Bangun Markas di Bulan, Ini Ambisi Besar Tiongkok

MENGAWALI tahun ini, badan antariksa Tiongkok telah berhasil membuat sejumlah pencapaian penting, seperti berhasil menjelajah sisi terjauh Bulan sekaligus menjadi negara pertama yang melakukannya.

Selain itu, mereka juga telah meluncurkan rover untuk menyusuri permukaan Bulan dan berencana menanam tumbuhan di sana.

Meski sudah berhasil melakukan hal tersebut, Tiongkok dilaporkan memiliki rencana lain yang lebih besar.

Dikutip dari BGR, akhir pekan lalu. rencana besar yang dimaksud adalah membangun markas di Bulan. Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan Xinhua News Agency.

Dalam laporan itu, rencana Tiongkok untuk mendirikan markas pertama di Bulan, diungkap oleh Head of China National Space Administration, Zhang Kejiang.

Ketika itu, dia sedang menjadi pembicara dalam perayaan Hari Luar Angkasa Tiongkok.

Sebagai tindak lanjut rencana ini, Tiongkok disebut sudah berencana untuk meluncurkan Chang'e 5 yang bertugas mengumpulkan sampel bahan dan kembali di Bumi. Rencananya, misi ini akan berjalan pada akhir 2019.

Kendati demikian, rencana untuk membangun markas di Bulan masih belum diungkap secara jelas.

Tiongkok hanya menyebut akan membangun pusat penelitian di dekat kutub selatan Bulan, untuk membantu penjelajahan dan rencananya dalam waktu 10 tahun.

Selain Tiongkok, negara lain yang juga memiliki rencana membangun markas di Bulan adalah Amerika Serikat. NASA diketahui sudah berinvestasi membangun markas di Bulan untuk mengumpulkan sumber daya, termasuk memanen air dari permukaan satelit Bumi tersebut.(*)