Olahraga Editor : Danar Widiyanto Senin, 29 April 2019 / 09:51 WIB

UGM Gelar Turnamen Tenis Perdananya, 11 Universitas Ikut Berlaga

UGM Tennis Cup adalah turnamen tenis lapangan antar-universitas tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa S1 maupun S2. Diselenggarakan di Lapangan Tenis Outdoor, Lembah UGM, hadiah yang dipertandingkan di acara ini berjumlah senilai 45 juta rupiah. Acara ini diselenggarakan oleh UKM Tenis Lapangan pada 23-28 April 2019 dan berada di bawah naungan Pak Wikan Sakarinto dan Prof. Edward Hiariej selaku pembina UKM. 

UGM Tennis Cup 2019 dimeriahkan oleh 11 universitas yang terdiri atas Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Indonesia (UI), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Universitas Siliwangi (UNSIL), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai tuan rumah, Universitas Syiah Kuala Aceh (USK), dan Universitas Galuh.  

Sabtu (27/4/2019), telah berlangsung pertandingan final kategori beregu dengan wasit Edi Lukito dari Jawa Timur dan Suwarno dari DKI Jakarta. Pertandingan ini dimenangkan oleh tim UNY A (Juara 1), diikuti UGM (Juara 2), dan UB serta UNY B (Juara 3 Bersama). Pertandingan ini dilanjutkan dengan pertandingan kategori perorangan babak semifinal yang dilanjutkan Minggu (28/4/2019). 

Penutupan acara pada Minggu (28/4/2019) usai pertandingan final kategori perorangan dilakukan dengan sambutan dari ketua panitia dan pembina UKM. Dilanjutkan dengan pemberian hadiah pada para juara dan penyerahan plakat kepada pembina. 

Final kategori perorangan UGM Tennis Cup 2019 dimenangkan oleh Iswandaru Kusumo Putro dari UGM pada nomor tunggal putra; Novela Rezha dari UNY pada nomor tunggal putri; pasangan Iswandaru Kusumo dan Michael Tanoso dari UGM pada nomor ganda putra; serta  pasangan Afrizal Ivanisevic dan Novela Rezha dari UNY pada nomor pertandingan ganda campuran. 

Turnamen yang diikuti oleh 39 peserta dari berbagai universitas ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu Visi Misi UKM yang ingin mempopulerkan olahraga tenis lapangan di kalangan mahasiswa. 

“Tujuan dari penyelenggaraan UGM Cup sendiri ini karena ini, apa ya, sudah jadi mimpi dari UKM yang sudah lama diwacanakan dan prosesnya cukup panjang. Untuk tahun pertama ini kami berusaha sekeras mungkin, begitu lo, nanti untuk adik-adik tingkat kita untuk menjalani ini sudah lebih mudah karena sudah punya bayangan dan channel-channel,” jelas Ketua Pelaksana, Faiz Bagas, yang diwawancarai Sabtu (27/4/2019). 

Acara yang dinilai positif oleh sebagian besar peserta ini disponsori oleh Bank BCA, HEAD, PT. Adhi Karya, PT ANTAM, dan Le Minerale.(*)