Wisata Editor : Danar Widiyanto Minggu, 28 April 2019 / 10:10 WIB

Taman Curug Kaliurip Menjadi Icon Wisata Baru Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Taman Wisata Curug Kaliurip di Desa Kaliurip Kecamatan Kemiri, menjadi icon wisata baru di Kabupaten Purworejo.

Diyakini taman wisata desa yang diresmikan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM ini bakal mampu menyedot wisatawan khususnya para pecinta alam. Terlebih air terjun yang menjadi unggulan tempat wisata ini mengalir abadi sepanjang musim. 

“Debitnya besar karena berasal dari sumber mata air, bukan aliran sungai,” kata Kepala Desa Kaliurip Tri Yanto, Sabtu (27/4/2019).
Warga menurut Tri Yanto, sangat antusias membangun taman wisata ini karena keabadiannya sehingga tidak kawatir akan matinya sumber air yang menjadi daya tarik objek wisata (Obwis) ini.

Untuk membangkitkan semangat warga dalam mengelola tempat wisata ini, Bupati H Agus Bastian secara resmi membuka tempat itu sebagai tempat wisata baru. Ditandai dengan menandatangan prasasti, bahkan aksi memanah sebuah papan bertuliskan Romansa Purworejo 2020. Prosesi itu menjadi simbol kesiapan serta pergerakan maju menuju tahun kunjungan wisata Purworejo 2020.

“Saya berharap obwis ini bisa terus dikembangkan untuk sektor pariwisata sehingga akan menumbuhkan perekonomian baru bagi
masyarakat, apalagi bandara YIA di Kulonprogo yang sangat berdekatan dengan Purworejo akan segera beroperasi,” tandasnya.

Curug Kaliurip memiliki ketinggian air terjun sekitar 30 meter dengan kedalaman air sekitar delapan meter di dasar sungai. Keberadaan tempat ini sebenarnya sudah cukup lama dan telah banyak dikunjungi warga. Namun, curug di Dusun Karajan dua ini baru digarap dan dikelola oleh desa sejak enam bulan terakhir. (Nar)