Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Jumat, 26 April 2019 / 10:30 WIB

Jadi Tersangka KPK, Sofyan Basir Dicopot dari Dirut PLN

JAKARTA, KRJOGJA.com - Dewan Komisaris PT PLN (‎Persero) mencopot Sofyan Basir dari jabatan Direktur Utama PLN. hal ini merupakan kelanjutan dari penetapan terangka Sofyan Basir oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus suap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-I.

SVP Hukum Korporat PLN Dedeng Hidayat dalam keterangannya kepada media mengatakan, pencopotan Sofyan Basir dilakukan sebagai upaya menjaga layanan ke masyarakat tetap berjalan dengan bai‎k, pasca penetapan tersangka kepada Sofyan Basir.

"Dewan Komisaris PLN melakukan penonaktifan Sementara irektur Utama PLN Sofyan Basir," kata Dedeng, Kamis (25/4/2019) malam.

Menurut Dedeng, keputusan Dewan Komisaris terebut sudah sesuai, dengan kewenangan yang diberikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Untuk selanjutnya, Dewan Komisaris menujuk Muhammad Ali sebagai Pelaksana tugas (PLt) Direktur Utama PLN‎, Ali saat ini menjabat sebagai Direktur Human Capital Management.

"Kami meyakini keputusa ini merupakan bentuk dan upaya mendukung penyelesaian kasus hukum yang dialami pimpinan PLN dengan mempertimbangkan azas praduga tak bersalah," tandasnya.(*)