DIY Editor : Agung Purwandono Jumat, 26 April 2019 / 00:57 WIB

Kembangkan Wirausahawan Milenial, Polbangtan Yoma Gandeng PT Nasa

SLEMAN, KRJOGJA.com - Guna mengembangkan minat generasi milenial untuk berwirausaha di bidang pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) Jurusan Pertanian menggandeng PT. Natural Nusantara (Nasa). Bertempat di kantor NASA Yogyakarta di Jl. Siliwangi No.72, Bedog, Trihanggo, Gamping, Kabupaten Sleman, Direktur Polbangtan Yoma, Dr Rajiman SP MP sepakat menandatangani kerjasama dengan Direktur Utama PT Nasa, Hana Indra Kusuma pada Kamis (25/4). 
 
Rajiman mengatakan,  lingkup kerjasama meliputi, pengembangan kewirausahaan mahasiswa dan pengembangan teaching factory (TEFA).
 
"Reputasi PT.NASA dalam mengembangkan kewirausahaan khususnya generasi milenial, sudah sangat baik. Oleh karena itu, dengan kerjasama ini diharapkan Polbangtan YOMA akan mampu membekali mahasiswa yang nantinya setelah lulus akan mampu mengembangkan bisnisnya sendiri," terang Rajiman yang juga  dosen di Polbangtan YOMA.
 
Turut  mendampingi Direktur Polbangtan YOMA adalah Koordinator Bidang Kemahasiswaan sekaligus tim kerjasama Polbangtan YOMA, R. Hermawan,SP.,MP dan Kepala Unit Teaching Factory (Tefa) Polbangtan YOMA, Kodrad Winarno, STP MAgriCom. 
 
Menurut R. Hermawan, Polbangtan YOMA sebagai salah satu Politeknik Pembangunan Pertanian di Indonesia diberi tugas oleh Kementerian Pertanian untuk mencetak generasi milenial yang mampu mencetak lapangan kerja. "Kementerian Pertanian melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), saat ini gencar dalam membekali mahasiswa Polbangtan dengan kegiatan kewirausahaan", ungkap R. Hermawan. 
 
Ditambahkan  R.Hermawan, PT.NASA dengan pengalaman mencetak SDM Unggul dibidang Kewirausahaan Pertanian, memiliki peran yang sangat penting untuk dilibatkan dalam kegiatan PWMP tersebut. Sehingga dengan adanya kesamaan semangat dalam membina generasi milenial, diharapkan terjalin kerjasama yang baik.
 
Sementara itu,  Kodrad Winarno,  menyampaikan  Polbangtan YOMA saat ini menerapkan sistem pembelajaran berbasis Teaching Factory, dengan  kegiatan pembelajaran yang dilakukan bersama dengan mitra industri seperti PT.NASA. 
 
Hal ini  untuk membekali ketrampilan dan kompetensi mahasiswa, agar dapat memiliki pengalaman seperti layaknya bekerja pada industri.
 
"Dalam menerapkan Tefa, pengalaman industri menjadi bagian yang penting bagi kami dalam membudayakan budaya industri bagi mahasiswa, sehingga nantinya akan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa pada bidang tertentu", ungkap Kodrad.        
 
Dalam mengembangkan kewirausahaan khususnya bagi generasi milenial, PT.NASA memyiapkan beberapa modul-modul kewirausahaan. Modul-modul tersebut, akan diberikan kepada mahasiswa secara berkala.
 
 Menurut Direktur Utama PT.NASA, Hana Indra Kusuma, mahasiswa adalah aset berharga bangsa Indonesia yang kelak akan memimpin bangsa ini. "Mahasiswa perlu dikenalkan dari mulai yang dasar, seperti mengenali potensi diri sampai dengan bagaimana mengelola perusahaan. Materi-materi ini akan disusun sedemikian rupa dalam bentuk modul,  nantinya akan diberikan kepada mahasiswa sebagai bagian dari pelatihan kewirausahaan", ungkap Hana. 
 
Ditambahkan Hana,  kerjasama ini diharapkan  mampu menghasilkan generasi milenial yang siap mengembangkan usahanya di bidang pertanian. (*)