Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 25 April 2019 / 17:10 WIB

Polres Sukoharjo Jaga Ketat TPS Penyelenggara PSU

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Aparat keamanan gabungan disiagakan di tiga tempat pemungutan suara (TPS) yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 27 April nanti. Satu TPS akan dijaga dua orang anggota Polres Sukoharjo dibantu jajaran TNI, Linmas dan Satpol PP. Jumlah personil yang disiagakan bisa bertambah menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan di lapangan.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Kamis (25/4/2019) mengatakan, Polres Sukoharjo sudah langsung melakukan persiapan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan di tiga TPS yang menggelar PSU. Pengamanan dilakukan karena sudah menjadi kewajiban memberikan jaminan keamanan pada masyarakat.

PSU sendiri digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sesuai dengan rekomendasi dari Bawaslu Sukoharjo. Polres Sukoharjo menyikapi hal tersebut dengan menjamin keamanan PSU seperti halnya saat pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April lalu. 

"Soal keamanan menjadi tanggungjawab Polres Sukoharjo termasuk saat PSU di tiga TPS seperti halnya saat coblosan 17 April kemarin," ujarnya.

Tiga TPS yang akan menggelar PSU sudah ditentukan sesuai rekomendasi dari Bawaslu Sukoharjo. Komposisi personil dalam PSU pengamanan tersebut berbeda dibandingkan saat coblosan 17 April.

Dalam PSU nanti di masing masing TPS akan ditempatkan dua orang personil Polres Sukoharjo. Selain itu juga ada empat orang Linmas. Bantuan pengamanan juga mendapatkan bantuan dari jajaran TNI dan Satpol PP. Namun jumlah personil yang akan bertugas dalam melakukan pengamanan bisa bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

"Perlu ditekankan bahwa PSU yang akan digelar nanti bukan karena adanya kejadian luar biasa akibat gangguan keamanan semisal kerusuhan. Tapi PSU itu digelar sesuai rekomendasi Bawaslu Sukoharjo ke KPU Sukoharjo karena ada temuan kesalahan pada saat penyelenggaraan pemilu pada 17 April lalu," lanjutnya.

Polres Sukoharjo sudah melakukan pemetaan wilayah berkaitan dengan kerawanan keamanan. Termasuk kondisi di tiga TPS yang akan menggelar PSU pada 27 April. Kondisinya ditemukan semua dalam keadaan kondusif dan tidak ada masalah.

Sementara itu Kapolres menambahkan, selama pelaksanaan pengamanan Pemilu 2019 ditemukan kejadian satu anggota yang bertugas di wilayah Kecamatan Tawangsari harus dirujuk ke rumah sakit karena kelelahan. Penanganan sudah dilakukan oleh dokter dengan melakukan rawat inap.

"Satu anggota kelelahan saat bertugas melakukan pengamanan Pemilu 2019 dan sudah ditangani dokter di rumah sakit pada 18 April lalu," lanjutnya.

Kapolres meminta kepada semua anggotanya yang bertugas melakukan pengamanan Pemilu 2019 untuk selalu menjaga kondisi kesehatannya. Dalam bertugas setiap anggota juga telah dibekali obat untuk penanganan sakit ringan dari Mabes Polri. Selain itu tim kesehatan Polres Sukoharjo juga telah melakukan patroli melihat kondisi anggota yang bertugas di lapangan. (Mam)