Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 25 April 2019 / 12:33 WIB

ANAK USAHA PT ADHI KARYA (PERSERO) TBK KEMBANGKAN PROYEK KEDUA

Makin Tumbuh, Property Dorong Pergerekan Ekonomi Yogyakarta

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan pembangunan apartemen di Yogyakarta cukup signifikan. Pengembang yang awalnya fokus di Jabodetabek, mulai membidik Yogyakarta sebagai tujuan investasi.

"Keberadaan apartemen, khususnya buat mahasiswa memang telah menjadi fenomena tersendiri. Perubahan kebiasaan mahasiswa milenial, yang membutuhkan hunian yang sesuai kebutuhan dan gaya hidup, memunculkan apartemen mahasiswa yang dibangun di sekitar kampus ternama,"ungkap Project Director Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi dan Dhika Universe Sardjito  Damar Yanda Pawitan kepada wartawan, Kamis (25/04/2019).

Menurut Damar mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Yogyakarta menyebutkan, pertumbuhan ekonomi di Kota Pelajar ini tumbuh senilai 6,20% di tahun 2018, meningkat dibandingkan tahun 2017 yang berada di angka 5,26%. Salah satu sektor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi adalah di lapangan usaha konstruksi yang tumbuh sebesar 31,1%.  

"Seiring dengan pekembangan ekonomi masyarakat, sektor konstruksi ikut berkembang di Yogyakarta. Salah satu pembangunan fisik yang menyerap banyak tenaga kerja adalah pembangunan gedung hingga apartemen.

Manager Building Taman Melati Yogyakarta Agus Rahman menjelaskan saat ini sudah dilakukan penyerahan 303 unit dari 600 unit yang dipesan. Sedangkan, hingga akhir tahun 2019 bakal terealisasi keseluruhan akibat lancarnya proses komunikasi dengan berbagai pihak. "Taman melati ada 15 lantai dan dua basement. Rinciannya 899 unit apartemen, 12 unit komersial dan empat ruko. Ditambah dua unit kios sehingga total ada 922 unit dengan berbagai tipe. Sedangkan harga jual dimulai dari harga Rp 790 juta," paparnya.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Pengembangan Usaha PT Adhi Persada Properti Pulung Prahasto mengatakan kebutuhan hunian mahasiswa adalah sesuatu yang tidak lekang oleh zaman. Pendidikan tinggi akan terus berkembang, dan seiring dengan itu, mahasiswa akan membutuhkan hunian. 

"Kami melihat berkembangnya ekonomi serta munculnya gerenasi milenial yang membutuhkan sesuatu yang praktis, akan tempat tinggal di apartemen. Sebagai spesialis ‘Apartemen Kampus Terbaik’, kami telah sukses mengembangkan beberapa proyek apartemen mahasiswa," jelasnya. (*)