Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Kamis, 25 April 2019 / 07:50 WIB

Hari Ini Vladimir Putin dan Kim Jong-un Bertemu, Membahas Apa?

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan mengadakan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Vlodivostok. Rencananya momen tersebut digelar pada Kamis 25 April 2019.

Hal itu mengakhiri spekulasi selama beberapa pekan tentang waktu dan tempat pertemuan antara Kim Jong-un dan Vladimir Putin.

"Persiapan pertemuan di Vlodivostok itu sebelumnya dirahasiakan karena masalah keamanan Korea Utara, demikian ujar penasehat Kremlin Yuri Ushakov hari Selasa 23 April," seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (24/4/2019).

Ushakov mengatakan perundingan itu akan memusatkan perhatian pada kebuntuan pembicaraan tentang program nuklir Korea Utara, dan menambahkan Rusia akan berupaya “mengkonsolidasikan trend positif” yang sudah ada pasca pertemuan Presiden Amerika Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un itu.

Kim Jong-un sudah dua kali melangsungkan pertemuan dengan Trump, tetapi pertemuan terakhir di Vietnam, Februari lalu, tidak mencapai hasil karena Korea Utara ingin agar Amerika terlebih dahulu mencabut sanksi-sanksi ekonomi yang diberlakukan sebelum melucuti senjatanya.(*)