Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 24 April 2019 / 16:38 WIB

139 Petugas Pemilu Meninggal saat Bertugas

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut ada 139 petugas pemilu yang meninggal selama pelaksanaan Pemilu 2019. Wiranto mengajak masyarakat memberikan penghargaan pada mereka alih-alih mencaci maki.

"Kita harusnya memberikan penghargaan dan apresiasi pada KPU, Bawaslu, dan petugas keamanan yang telah melakukan pekerjaan besar dan berat. Sampai saat ini sudah ada 139 orang yang meninggal," ujar Wiranto.

Wiranto menyayangkan sikap sejumlah pihak yang menuding kecurangan pada pemerintah dan KPU serta Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. "Sangat tidak tepat kalau melakukan fitnah, cacian, dan membuat tuduhan menyedihkan yang tidak berdasar," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pemilu tahun ini yang terbesar dan terumit dunia. Pasalnya, pemilih harus memilih lima sektor dalam waktu satu hari yakni presiden, DPR, DPD, dan DPRD tingkat kabupaten/kota.

Wiranto pun meminta kepada semua pihak agar turut mengawal proses perhitungan suara yang saat ini masih dilakukan KPU. "Untuk melanjutkan keterbukaan dan kenetralannya, KPU telah melakukan penghitungan secara transparan yang perkembangannya dapat diakses setiap saat," ucapnya. (*)