Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 24 April 2019 / 12:35 WIB

Bandara Tidak Akan Kurangi Penumpang Kereta

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Keberadaan Yogyakarta International Aiport (YIA) atau infrastruktur non-kereta api lain, diperkirakan tidak akan mengurangi penumpang pengguna jasa PT Kereta Api Indonesia (KAI). Keberadaan moda yang beragam justru akan saling mendukung penggunaan transportasi umum itu.

Direkur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, beragamnya transportasi di Pulau Jawa memberi banyak pilihan bagi masyarakat. "Intinya kami tidak pernah berpikiran bersaing dengan moda transpotasi lain, justru harus saling mendukung," katanya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, saat mengunjungi Stasiun Wojo Bagelen, Selasa (24/04/2019).

Menurutnya, penumpang kereta api justru mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Sepanjang tahun 2017 jumlah penumpang tercatat 394 juta, naik menjadi 425 juta pada tahun 2018.

Kenaikan signifikan tersebut karena masyarakat semakin nyaman menggunakan moda kereta api. "Jadi kami melihat keberadaan bandara atau jalan tol tidak ada imbas negatifnya untuk kereta api, karena jumlah penumpang justru mengalami kenaikan," tuturnya. (Jas)