Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 24 April 2019 / 16:27 WIB

Ketua Parpol Gagal Melenggang ke DPRD Sragen

SRAGEN, KRJOGJA.com - Sejumlah ketua partai yang bertarung memperebutkan kursi DPRD Sragen diperkirakan 'tumbang', gagal melenggang jadi wakil rakyat. Perolehan suara para ketua partai mini, dan justru kalah bersaing dengan caleg lain.

Seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Sragen, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Idris Burhanudin perolehan suaranya kalah jauh dari caleg PKS lain, Aris Surawan. Di Dapil 2 Sragen, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Subandono juga gagal mempertahankan kursinya di DPRD Sragen.

Demikian juga Ketua DPC Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Giyanto juga tidak berhasil meraih kursi. Padahal salah satu kader partai Nasdem dari dapil 6 Sragen, Tono, justru berhasil meraih satu kursi.

Sementara di dapil 3 Sragen, Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Basuki juga diprediksi gagal menjadi anggota legislatif. Demikian juga di dapil 5 Sragen, Ketua DPC Partai Demokrat Budiono Rahmadi juga tipis peluangnya untuk lolos. Padahal Dipredikisi partai Demokrat diprediksi mendapat tambahan kursi pada Pileg 2019 ini.

Pada dapil 6 Sragen, Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Nawonggo Pramudyo juga gagal melenggang. Parahnya pada pemilu ini tidak ada satupun kader Partai Hanura berhasil masuk menjadi anggota DPRD Sragen.

Berbanding terbalik di DPRD Kabupaten Sragen, para Ketua Partai yang bertarung di DPRD Provinsi Jawa Tengah justru berhasil meraih kursi yang cukup signifikan. Ketua DPC PDI Perjuangan Sragen, Untung Wibowo Sukowati berdasarkan perhitungan sementara meraih suara sekitar 130 ribu suara. 

"Saat  ini memang masih ada dua kursi PAN yang kritis, karena masuk nominasi kursi terakhir yang diperebutkan dengan partai lain. Meski secara manual mungkin kalah, tetapi dalam pleno KPU nanti berharap masih bisa merebut untuk dapil yang diperebutkan ketua dan bendahara PAN," jelasnya. (Sam)