Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 24 April 2019 / 04:10 WIB

Dirut KAI Inspeksi Jalur KA Rawan Bencana

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Direktur Utama (Dirut) KAI Edi Sukmoro, Selasa (23/4/2019)  melakukan inspeksi di sejumlah titik jalur kereta api (KA)  utara dan dan selatan Jawa yang dianggap rawan bencana alam, seperti banjir dan longsor. Inspeksi dengan menggunakan KA Inspeksi dalam rangka persiapan angkutan Lebaran 2019. 

"Pesan pak Dirjen untuk melakukan pengecekan titik-titik rawan,seperti longsor, banjir, anjlog dan harus waspada, karena cuacanya masih belum menentu,” kata Dirut PT KAI Edi Sukmoro saat dihubungi di sela sela melakukan inspeksi di Stasiun Purwokerto. 

Ia, menjelaskan saat perjalanan melakukan inspeksi menggunakan KA inspeksi dari Jakarta hingga Purwokerto menemukan beberapa titik jalur yang rawan, termasuk di Daop 5 Purwokerto. 

Menurutnya hasil inspeksi atau catatan yang ditemukan selama perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya nantinya akan dibahas bersama kepala Daop masing-masing untuk mencari solusinya. Namun yang pasti lokasi yang dianggap rawan PT KAI akan akan menempatkan petugas. 

Langkah lain yang dilakukan PT KAI selama angkutan lebaran 26 Mei hingga 16 Juni mendatang, pihaknya juga akan meningkatkan pengamanan di sejumlah perlintasan KA. Nantinya semua pegawai operasi, termasuk direktur dan komisaris akan turun di posko untuk memastikan perjalanan KA aman sampai tujuan.

KAI didukung Kementerian BUMN pada Lebaran Tahun 2019 menggelar 'Mudik Bareng BUMN'. Melalui program ini masyarakat dapat naik KA untuk mudik dan balik secara gratis. Untuk tahun ini KAI menyediakan 2.500 tempat duduk untuk mudik dan balik Lebaran.

Jumlah tempat duduk itu naik 65 persen dibanding tahun lalu sebanyak 1.520 tempat duduk. Mudik gratis dilaksanakan untuk keberangkatan  26 dan 27 Mei atau H-9 dan H-10, sedang untuk arus balik keberangkatan pada 15 dan 16 Juni atau H+9 dan H+10. Kepada masyarakat yang minat bisa mendaftar mulai 16 April hingga 8 Mei 2019 secara online melalui website mudikbumn.co.id.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian BUMN yang menginisiasi program mudik gratis bareng BUMN.Program ini juga sebagai bentuk tanggung sosial KAI kepada masyarakat," ungkap Dirut KAI Edi Sukmoro.(Dri)