DIY Editor : Agus Sigit Selasa, 23 April 2019 / 19:31 WIB

Bandara YIA Siapkan Fasilitas Galeri UKM

BANTUL, KRJOGJA.com - Dinas Koperasi dan UKM DIY bakal menyiapkan ruang dengan luas sekitar 1.500 meter persegi untuk galeri Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bandara Baru Kulonprogo Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Fasilitas ini mengadaptasi Bandara Ngurah Rai di Bali dan beberapa bandara di luar negeri.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menuturkan dalam waktu dekat dinas merencanakan untuk menyiapkan galeri UKM yang sifatnya sementara terutama di terminal keberangkatan internasional. Adapun luas galeri sementara ini dikhususkan untuk 25 UKM dengan produk kualitas premium.

"Untuk jenis usahanya akan terus dievaluasi dua bulan sekali terkait harga, kualitas produk dan peminat produk apakah produk diminati atau tidak," jelas Siwi kepada KR saat ditemui di kawasan sentra Kipas Jipangan Bangunjiwo Kasihan Bantul, Selasa (23/4).

Siwi mencontohkan beberapa produk yang dimungkinkan masuk dalam daftar produk yang akan ada di galeri UKM tersebut seperti aneka fashion, craft, kuliner kemasan dan sebagainya.

Srie Nurkyatsiwi (Foto: Rahajeng Pramesi)

"Misalnya produk gula semut, Coklat Kulonprogo dan produk kualitas premium lain menjadi prioritas masuk dalam galeri UKM ini. Teknisnya nanti pengusaha ini akan difasilitasi Pemda tetapi tetap ada konsekuensi misalnya pajak dan biaya operasional," tegas Siwi lagi.

Hingga saat ini, Dinas Koperasi dan UKM DIY tengah berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk melaporkan data produk premium dari UKM yang ada. Sementara dalam jangka panjang, di Bandara YIA juga disediakan galeri permanen bagi UKM. Hingga saat ini UKM yang sudah mendaftarkan sudah ada sekitar 190 UKM. Meski demikian ratusan UKM ini akan terus dievaluasi. Sementara kuota untuk galeri UKM permanen diperkirakan antara 50 hingga 60 UKM saja. (Aje)