Jateng Editor : Agus Sigit Selasa, 23 April 2019 / 15:47 WIB

Petugas Penyelenggara Pemilu Cek Kesehatan, Ini yang Dikeluhkan

MUNGKID, KRjogja.com - Sejumlah petugas penyelenggara pemilu dan saksi peserta pemilu di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang periksa kesehatan di pos kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang membuka pelayanan di kantor kecamatan setempat.

Camat Bandongan Mulyatno mengatakan pos kesehatan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan pada penyelenggara pemilu, saksi peserta pemilu dan petugas keamanan yang bertugas.

"Sejauh ini tidak ada yang sampai rujuk hingga ke rumah sakit, sakit yang dikeluhkan karena kelelahan," kata Mulyatno, Selasa (23/4).

Dikatakan beban kerja sebagai penyelenggara pemilu baik Panwas dan PPK dan jajarannya sangat berat. Mereka telah beberapa hari bekerja untuk persiapan pencoblosan dan hingga kini rekapitulasi hasil pemungutan suara. Siang malam mereka bekerja untuk pelayanan mengawal demokrasi. 

"Kami meminta pada Puskesmas untuk membuka pelayanan kesehatan, rupanya Puskesmas juga ada program tersebut," katanya.

Dikatakan jangan sampai ada penyelenggara pemilu yang jatuh sakit hingga dirawat di rumah sakit, maka itu dari awal diperiksa yang sakit diberi obat, sedangkan yang sehat atau kelelahan mendapat vitamin sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Dia menyampaikan kodisi di Bandongan tetap kondusif dan diharapkan tidak terjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Masyarakat tetap tenang, nyaman dan beraktivitas. 

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henni Widiyanti mengingatkan petugas kepolisian yang bertugas untuk tidak melupakan kesehatan. "Periksakan kesehatan di pos kesehatan yang dibuka puskesmas maupun pos kesehatan yang dibuka Polres Temanggung," katanya. (Osy)