DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 23 April 2019 / 17:51 WIB

UAA Luluskan Profesional Yang Sensitif Kemanusiaan

BANTUL, KRJOGJA.com - Universitas Alma Ata (UAA) berkomitmen meluluskan profesional muda yang sensitif kemanusiaan. Untuk mewujudkan hal tersebut mahasiswa tidak hanya dituntut mengejar prestasi akademik dan kompetensi saja akan tetapi nilai akhlak dan ilmu keagamaan juga diterapkan selama menimba ilmu.

Rektor UAA, Prof dr H Hamam Hadi, MS.ScD, Sp.GK disela pengambilan Ucap Janji Klinik bagi 211 mahasiswa dari lima prodi, Selasa (23/4) di Kampus UAA.

Ditambahkan Rektor UAA, kegiatan ini dilakukan untuk mengejar kompetensi yang sifatnya kognitif. "Kalau selama ini belajar kuliah dan praktek menjadi calon tenaga kesehatan (nakes) menggunakan alat bantu praktek, maka pasca ucap janji ini mereka belajar langsung dari pasien. Bagaimana menyuntik, memasukkan obat, menginfus dan sebagainya," tambah Rektor.
Di Kampus UAA materi berupa Ekspo Paparan Klinik langsung diberikan pada semester II.

Rektor memiliki target mahasiswa mampu mengasah nilai kemanusiaan selama belajar, sehingga lulusan UAA mampu menjadi profesional muda yang sensitif dengan nilai kemanusiaan.

Dibagian lain, Rektor UAA mengaku prihatin dengan adanya angka kematian yang meningkat disaat hari libur. Hal ini dimungkinkan karena saat hari libur , ketersediaan nakes terbatas.  "Mereka bekerja dengan sistem jaga piket. Hal ini menyebabkan sistem Rumah Sakit dan pelayanan kesehatan menjadi sedikit terganggu. Seharusnya konsekuensi pelayanan kesehatan, hari libur atau hari biasa pelayanan sama saja alias tidak ada bedanya," tegasnya.

Ratusan mahasiswa dari lima prodi yang mengikuti 'ucap klinik' yakni prodi Farmasi, Bidan, Ners, Administrasi Rumah Sakit dan Gizi. (Aje)