Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 22 April 2019 / 19:43 WIB

Warga Dusun Kuncen Bersatu Setelah Pemilu

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Warga Dusun Kuncen, Desa Badran, Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar pesta rakyat dengan mancing bareng di sepanjang selokan perkampungan. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk syukur atas penyelenggaraan pemilu yang damai di negeri ini, khususnya di Dusun Kuncen. Dengan acara ini pula warga ingin kembali bersatu walau sebelumnya mereka ada yang berbeda pilihan.

Panitia kegiatan, Erna Subekti mengatakan warga berinisiatif membuat acara yang dapat kembali mempererat tali persatuan. Ajang ini sekaligus digunakan untuk rekonsiliasi arus bawah pascapemilu.

"Walau berbeda pilihan presiden maupun legislatif namun warga tetap menyalurkan hak pilih dengan damai. Sekarang lupakan pilihan masing-maasing, jangan putus persabahatan dan seduluran hanya karena beda gambar‎ dalam coblosan," kata Erna Subekti, Senin (22/04/2019).

Dikatakan, biaya untuk menggelar pesta rakyat ini juga murni swadaya warga. Bantuan yang diberikan ada yang berupa materi, barang kebutuhan kegiatan bahkan menyumbang tenaga sekalipun tetap dihargai dan dihormati.

Sebuah panggung mini didirikan untuk menghibur warga yang hadir dengan iringan musik akustik. Sebelum ‎acara mancing bareng dimulai, warga diajak menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' di panggung sisi selokan dengan latar belakang karikatur Jokowi - Prabowo berpelukan.

Kepala Dusun Kuncen, Haryanto mengakau bangga dengan apa yang dilakukan warganya. Ia berharap persatuan warga tetap terjaga sehingga Dusun Kuncen dapat menjadi contoh daerah lain di Temanggung. (*)