Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 22 April 2019 / 20:36 WIB

Tokoh Purworejo Deklarasi Damai Pascapemilu

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Ratusan tokoh agama, politik, pemerintahan bersama TNI dan Polri di Kabupaten Purworejo deklarasi pemilu aman dan damai pasca pelaksanaan pemungutan suara, Senin (22/04/2019). Mereka membuat komitmen bersama untuk menjaga situasi Purworejo kondusif memasuki tahapan perhitungan hingga pengumuman pemenang pemilu.

Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangunsong SH SIK MM menjadi inisiator komitmen bersama sekaligus deklarasi tersebut. "Kami pihak kepolisian di Resor Purworejo, selalu menginginkan suasana kondusif seperti sekarang ini, terjaga hingga kapanpun. Komitmen bersama itu bentuk preventif dan preemtif dalam menangani potensi kerawanan," ujar Kapolres Purworejo, kepada KRJOGJA.com.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, jajaran Forkompimda Purworejo, perwakilan partai politik, tim pemenangan paslon capres, tokoh agama dan pimpinan ormas hadir dalam deklarasi di Aula Mapolres Purworejo itu.

Komitmen bersama diawali sambutan sejumlah tokoh. Kemudian ditutup sambutan dari perwakilan Tim Kampanye Daerah (TKD) Paslon 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang dibawakan Ketua TKD Purworejo Luhur Pambudi Mulyono.

Luhur memberi sambutan didampingi perwakilan Badan Pemenangan Daerah Paslon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Reko Budiyono. Keduanya berkomitmen menjaga situasi kondusif dan mengingatkan bahwa meski berbeda pilihan namun persahabatan antarpolitisi Purworejo tetap terjalin dengan baik.

Keduanya juga didaulat membacakan deklarasi mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sejuk di Purworejo. Para tokoh kemudian menandatangani poster deklarasi. "Semoga setelah deklarasi, situasi Purworejo betul-betul terjaga. Mereka yang sempat terbelah karena pilihan, bisa bersatu lagi," ucap Indra.

Kapolres juga mengingatkan pendukung kontestan pemilu untuk tidak melakukan perayaan berlebihan. "Kami tidak akan memberikan izin apabila ada permohonan, terlebih yang bentuknya pengumpulan massa," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian mengemukakan, seluruh unsur di Kabupaten Purworejo berhasil menciptakan pemilu yang aman dan kondusif. Tidak terjadi kendala serius selama proses pemungutan suara.

"Jika di daerah lain ada pemungutan suara ulang, Purworejo tidak. Pun tidak ada kejadian yang tidak kita harapkan, atau dengan kata lain Purworejo aman dan masyarakatnya guyub rukun," tandasnya. (Jas)