Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Senin, 22 April 2019 / 19:10 WIB

Satroni Rumah, Polisi Bekuk Komplotan Curat Lintas Provinsi

BANTUL, KRJOGJA.com - Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim)  Polres Bantul Polda DIY berhasil meringkus tiga tersangka pencurian dengan pemberatan (Curat) lintas provinsi.  Mereka yakni Ad (21), Al (21) keduanya asal Pangandaran Jawa Barat dan satu tersangka maish dibawah Ms asal Cilacap Jawa Tengah. Hingga kini polisi masih memburu pelaku lain berinisial  Jk (22) juga dari Pangandaran Jawa Barat. Dalam kasus itu polisi menyita barang bukti,  satu motor Honda Vario D 3688 UCN dan dua buah obeng.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Rudy Prabowo SIK didampingi Kasubbag Humas AKP Sulistiyaningsih Senin (22/42019) mengatakan, tiga pelaku dibekuk petugas setelah membobol sebuah milik H Purnomo SH (68) warga Klangon Argosari Sedayu Bantul awal April 2019.   Komplotan ini masuk ke dalam rumah setelah membobol pintu dengan obeng.  Setelah masuk, penjahat itu menggasak emas seberat 25 gram, dua handphone dan uang sebanyak Rp 100 ribu.

Setelah kasus pembobolan rumah itu, tersangka butuh waktu sekitar 15-20 menit. Mereka berbagi tugas, Al dan Ms masuk ke dalam rumah, Ad dan Jk sebagai joki menunggu di luar rumah. Dalam kasus itu korban mengalami kerugian mencapai Rp 12,8 juta. Setelah mencuri, pelaku pulang kembali ke daerah Jawa Barat baru keesokan harinya kembali ke Yogyakarta. Hasil menjual 25 gram emas dapat uang Rp 1,2 juta, satu handpone berhasil dijual Rp 400 ribu, sementara satu handpone berikan keseorang. Hasil penjualan barang curian tersebut kemudian dibagi.

Setelah diselidiki,  pelaku disergap di kos-kosan Al di daerah Jetis Kota Yogyakarta 16 April 2019 lalu. Dalam pengembangan dari penangkapan Al,  komplotan ini juga baru saja membobol sebuah rumah di daerah Kebumen Jawa Tengah. “Bersamaan para pelaku diamankan, mereka baru saja beraksi di Kebumen Jawa Tengah,” jelasnya.  Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukumannya penjara selama-lamanya tujuh tahun. (Roy)