DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 22 April 2019 / 14:20 WIB

Puskesmas Gamping II Unggulkan Program 'Kompak Cedak Sanak'

SLEMAN, KRJOGJA.com - Perawat Puskesmas Gamping II Sleman, Yuni Murniati AMd Kep yang memegang program kesehatan jiwa, mewakili Kabupaten Sleman dalam Lomba Tenaga Kesehatan Teladan kategori Perawat tingkat provinsi. 
Program unggulannya adalah Komunitas Peduli Anak, Cegah Tindak Kekerasan pada Anak atau disingkat 'Kompak Cedak Sanak' yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jiwa pada anak. Jika lolos, Yuni akan mewakili DIY ke tingkat nasional. 

Menurut Yuni, program Kompak Cedak Sanak dibentuk pada 28 April 2015. Setiap Padukuhan di wilayah kerja Puskesmas Gamping II ditunjuk minimal satu kader yang telah dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk men-skrining jika ada warga khususnya anak-anak yang mengalami perubahan perilaku yang menyimpang. 

"Setiap tanggal 20 diadakan Posyandu balita dan lansia, disitulah dilakukan skrining kalau ada perubahan perilaku anak," terang Yuni kepada KRJOGJA.com, Minggu (21/4/2019). Penilaian lomba telah dilakukan tim penilai DIY saat Posyandu di Padukuhan 8 Modinan Gamping Sleman pada Sabtu, 20 April 2019.  

Dijelaskan Yuni, jika nanti terdeteksi ada anak yang mengalami perubahan perilaku yang menyimpang, maka kader Kompak Cedak Sanak akan memotivasi orangtuanya untuk dirujuk berkonsultasi ke psikolog di Puskesmas. Nantinya akan tergali penyebab perubahan perilaku menyimpang anak tersebut, karena pengaruh lingkungan atau karena mengalami kekerasan. (Dev)