DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 22 April 2019 / 06:36 WIB

Dijabat Kolonel, Kodim Kota Yogya Naik Jadi Tipe A

YOGYA, KRJOGJA.com - Status Kodim 0734/Kota Yogya naik dari tipe B menjadi tipe A. Dengan peningkatan tipe tersebut, Kodim Kota Yogya nantinya akan dipimpin oleh Perwira Menengah berpangkat kolonel. Peningkatkan ini dikarenakan tantangan dan dinamika di Kota Yogya sudah cukup tinggi. 

Dandim 0734/Kota Yogya Letkol Inf Wiyata S Aji mengatakan, berdasarkan Peraturan Panglima TNI No 6 Tahun 2019 tentang Peningkatan Status Komando Distrik Militer (kodim) tertanggal 15 April 2019, ada 36 kodim yang naik status dari tipe B menjadi tipe A, termasuk Kodim Kota Yogya. Untuk implementasinya menunggu Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). "Ya memang sudah turun Peraturan Panglima TNI. Tapi untuk menindaklanjuti, masih menunggu peraturan Kasad," kata Wiyata, Minggu (21/4).

Wiyata menjelaskan dengan peningkatan status ini, tentunya akan ada perubahan juga jabatan pejabatnya. Untuk Dandim, dari letkol akan dijabat kolonel, kepala staf kodim dari mayor menjadi letkol.  Jabatan perwira seksi dari kapten, kemungkinan menjadi mayor. Sedangkan jabatan danramil dijabat mayor semua. 

"Untuk jabatan danramil, saat ini sudah 8 koramil yang dijabat mayor. Jadi masih ada 6 koramil yang masih dijabat kapten. Sedangkan untuk jabatan dandim, nanti akan ada pejabat baru karena saya secara kedinasan belum memenuhi syarat untuk dinaikkan menjadi kolonel," paparnya.

Menurutnya, kenaikan tipe A ini berdasarkan  kajian dan tinjaun. Bahkan peningkatan tersebut sudah menjadi wacana sejak dua tahun yang lalu. Dimana Kota Yogya dinilai tantangan dan dinamikanya cukup tinggi. "Memang kodim yang berada di ibu kota provinsi banyak yang sudah dinaikan. Tujuan peningkatan tipe ini, untuk optimalisasi kinerja satuan jajaran TNI AD dalam rangka mendukung tugas Pokok TNI AD pada khususnya dan TNI pada umumnya," pungkasnya. (Sni)