DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 22 April 2019 / 04:44 WIB

Potensi Bencana Besar, BTB Baznas DIY Solid

YOGYA, KRJogja.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  DIY menyiapkan program mitigasi bencana DIY Peduli. Baznas Tanggap Bencana (BTB) DIY sebagai organisasi semi otonom  akan langsung  terjun ke tengah masyarakat miskin dhuafa yang membutuhkan.

"Potensi bencana  DIY cukup besar,  tidak bisa diprediksikan  dan semakin cerdas dengan variasinya. BTB DIY dituntut solid dan bertindak lebih cerdas dengan sinergi berbagai pihak yang kompeten," tutur Ketua Baznas DIY Dr H Bambang Sutiyoso SH MHum kepada KRJogja.com saat Pelantikan Pengurus BTB DIY 2019-2021, Minggu (21/4) di Aula DPD RI Yogya.

Dengan 2 kali diklat mitigasi bencana yang sudah dilaksanakan dan diikuti total sekitar 150-an anggota, lanjut Bambang, BTB DIY dibekali pengetahuan dan ketrampilan. "Terakhir kita mendirikan Dapur Umum di Sompok Imogiri, sebelumnya  juga mengirim relawan ke Palu, Lombok. Pengurus hendaknya menyiapkan sedini mungkin kualitas relawan dan siap lahir batin selamatkan manusia," tegasnya.

Komandan Besar BTB DIY Dra H Agus Sunarto MBA, menyatakan kesiapan jajaran pengurus untuk menjawab tantangan  bencana yang semakin cerdas. "Dengan 30-an pengurus dan 150-an anggota yang solid di DIY kita akan terus belajar dan meningkatkan kemampuan  mitigasi bencana, berkoordinasi dengan semua pihak," ucapnya.

Pelantikan dihadiri Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Heru Suroso, pimpinan Baznas DIY, Kabupaten, Kota, PMI, Kemenag DIY, Basarnas, Forum Relawan, dan lainnya. (M-3)