Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 22 April 2019 / 10:24 WIB

DIAWALI DI BUKIT PENTULU INDAH

Festival Luk Ulo 2019 Berlangsung Meriah

KEBUMEN KRJOGJA.com - Berlangsung pada sore hingga malam hari di tengah hutan pinus kawasan pegunungan yang jauh dari perkotaan,  Festival Luk Ulo 2019 hari pertama sukses digelar, pada Sabtu  (20/04/2019). Acara yang berlangsung meriah di obyek wisata  Bukit  Pentulu Indah Desa/Kecamatan Karangsambung Kebumen tersebut dipadati  ribuan pengunjung.

Selain atraksi kesenian tradisional Kebumen seperti siter, rebab,  menoreng, ebeg dan tari cepetan. Dalam Gelar Budaya Luk Ulo tersebut 
juga dimunculkan sejumlah tari kreasi baru yang bernuansa atraktif. Panitia juga menghadirkan maestro campursari Indonesia Didi Kempot 
yang tampil dengan sejumlah hit andalannya.

"Sebagai orang yang suka berwisata, sejumlah lagu saya terinspirasi tempat wisata yang saya datangi seperti Banyu Langit yang terinspirasi obyek wisata Nglanggeran . Nah siapa tahu saya juga akan menciptakan lagu yang terinspirasi Pentulu Indah ini," ujar  Didi di tengah sambutan hangat penonton.

Festival yang berkonsep menampilkan aset budaya lokal Kebumen sebagai  daya tarik pariwisata tersebut dibuka oleh Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, sekitar pukul 19.00, dengan penyalaan obor, didampingi Dandim 0709/Kebumen, Letkol (Inf) Zamril Philiang, Calon Wakil Bupati Kebumen terpilih,  H Arif Sugianto SH, dan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata  (Disporawisata) Kebumen, Azam Fathoni MSi.

Bupati Yazid dalam sambutannya sangat mengapresiasi digelarnya Festival  Luk Ulo 2019 yang diawali di sebuah obyek wisata di kawasan Geopark  Karangsambung Karangbolong. "Geopark yang diresmikan 30 November 2018 lalu harus dijaga kelestariannya. Bahkan geowisata yang terdapat di kawasan geopark harus  sejalan dengan upaya konservasi. Di sisi lain, gelaran festival ini bisa sebagai upaya promosi bagi kepariwisataan Kebumen," ujar Bupati. (Dwi)