DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 21 April 2019 / 13:10 WIB

Hari Kartini, Mahasiswa Psikologi UMBY Bagi Sembako ke Buruh Gendong Beringharjo

YOGYA, KRJOGJA.com - Berbagai kegiatan positif dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kartini 21 April 2019. Salah satu yang berinisiatif merayakan yakni mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang memilih berbagi kebahagiaan bersama Kartini-Kartini buruh gendong di Pasar Beringharjo. 

Yantya Ken Windraya, kepala Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Psikologi UMBY mengungkap momen Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April kadang hanya begitu saja terlewatkan. Orang mungkin lebih banyak memposting foto ucapan selamat di sosial media namun terkadang lupa beraksi secara nyata di masyarakat. 

“Kami mencoba beraksi nyata dengan daya yang kami miliki yakni membagikan paket sembako kepada para ibu buruh gendong yang berada di pasar Beringharjo. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kami karena mereka dengan segala cerita dibelakangnya adalah sosok wanita yang tangguh,” ungkapnya. 

Shafira Maulizar, Wakil Gubernur BEM Psikologi UMBY menambahkan buruh gendong memang hanya salah satu dari banyak warna tentang Kartini di Indonesia saat ini. Namun begitu, tanpa mengesampingkan profesi lainnya, mahasiswa UMBY berniat mengajak serta anak-anak muda lainnya untuk turun secara langsung dan mengapresiasi wanita-wanita tangguh yang memiliki mimpi besar dan terus bekerja keras untuk meraih mimpinya. 

“Hari Kartini menurut kami tidak hanya identik dengan perempuan berkebaya atau bermacam lomba untuk memeriahkannya. Ada makna yang lebih mendalam dibalik itu, menjadi sosok wanita tangguh yang memiliki mimpi besar dan terus bekerja keras untuk meraih mimpinya, karna kelak di tangan perempuanlah nasib generasi penerus bangsa. Semoga apa yang kami lakukan ini bisa menginspirasi,” imbuhnya. (Fxh)