Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 20 April 2019 / 23:19 WIB

KPU Buka Layanan Pengaduan Situng

JAKARTA, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka help desk atau layanan pengaduan agar masyarakat bisa melaporkan kesalahan dalam sistem informasi penghitungan suara (situng) di situs resmi mereka. Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, masyarakat bisa melaporkan kesalahan, seperti ketidaksesuaian pemasukan data dengan foto formulir C-1 di TPS, melalui WhatsApp maupun telepon.

Dibuatnya help desk itu menyusul laporan masyarakat soal kesalahan data yang dimasukkan petugas KPU kabupaten/kota di lima daerah, yakni Dumai, Riau, Jakarta Timur, Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Tengah. KPU menyebut itu murni kesalahan manusia atau 'human error' dan tidak ada unsur kesengajaan maupun niat untuk curang. Kesalahan itu pun segera diperbaiki.

Dengan adanya help desk KPU, Ilham berharap masyarakat itu memantau situng. Sejauh ini, sampai Sabtu (20/04/2019) pukul 08.30 WIB, berdasarkan suara yang masuk di situng KPU pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masih unggul sementara.

Berdasarkan data dari situs resmi Situng KPU https://pemilu2019.kpu.go.id, Jokowi-Ma'ruf meraih 54,89 persen dengan jumlah perolehan suara 3,96 juta, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 45,11 persen dengan jumlah perolehan suara 3,25 juta. Data yang masuk itu baru 37.683 TPS dari total 813.350 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia serta luar negeri. (*)