DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 21 April 2019 / 03:44 WIB

Bawaslu Temukan Laporan Indikasi Perbedaan Jumlah Rekapitulasi

BANTUL, KRJOGJA.com - Bawaslu menemukan laporan terkait indikasi perbedaan jumlah rekapitulasi suara yang dicatat oleh petugas KPPS dengan saksi tim dari Tim Pemenangan Pemilu (Bapilu) capres paslon 1 dan 2. Bawaslu merekomendasikan untuk pembukaan C1 Plano serta pencocokan dari tingkat bawah.

"Ada laporan dugaan perbedaan jumlah rekapitulasi di TPS kawasan Pleret. Bisa juga karena perbedaan jumlah rekap tersebut maka harus dilakukan pembukaan C1 Plano dan dicocokkan apakah ada perbedaan dengan sertifikat atau tidak. Meski selisih hanya sedikit jika tidak diselesaikan tingkat bawah akan menjadi berbahaya nantinya," ujar Komisioner Bawaslu Bantul Supardi.

Adapun proses perhitungan di tingkat kecamatan membutuhkan waktu 10 hari yang dimulai sejak Jumat (19/04/2019) . Meskipun bertepatan dengan hari libur nasional tetapi proses penghitungan suara tetap berlanjut.

Potensi kemungkinan yang masih terus mendapatkan pengawalan ketat dari Bawaslu yakni money politics saat perhitungan suara. Meski hal tersebut kecil dan sulit dilakukan namun tidak menutup kemungkinan bisa saja dilakukan. (Aje)