DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 20 April 2019 / 20:18 WIB

Petugas KPPS Belum Terima Honor

SLEMAN, KRJOGJA.com - Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga Jumat (19/04/2019) kemarin belum menerima honor. Padahal honor tersebut seharusnya diberikan sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Sementara di daerah lain, honor bagi KPPS sudah diberikan.

Sementara hingga berita ini diturunkan, belum ada satupun komisioner KPU Sleman yang bisa dimintai keterangannya terkait hal tersebut. Yulianto, Ketua KPPS di wilayah Desa Balecatur mengaku biasanya honor KPPS itu sudah cair sehari sebelum pelaksanaan pemilu. Namun untuk Pemilu 2019 ini, hingga kemarin KPPS belum menerima honor.

"Untuk daerah lain, honor sudah diberikan. Tapi kenapa di Sleman belum diberikan? Padahal kami sudah melaksanakan tugas," ujar Yulianto.

Untuk honor Ketua KPPS Rp 550.000, anggota Rp 500.000 dan Linmas Rp 400.000 dikurangi pajak. Menurutnya permasalahan honor ini sudah disampaikan ke PPS Balecatur dan sudah diteruskan ke KPU Sleman. Namun kenyataannya juga belum dicairkan. "Kami sangat berharap honor bagi petugas KPPS segera dicairkan," pintanya.

Hal senada juga dikatakan Budi, anggota KPPS di wilayah Sidokarto Godean. Memang pemilu sebelum-sebelumnya, honor langsung diberikan setelah selesai penghitungan suara. Namun kali ini, sampai sekarang belum menerima honor sebagai petugas KPPS.

"Padahal secara tugas, lebih berat dari pemilu sebelumnya. Dalam satu sisi, honor tidak langsung diberikan," kata Budi. (Sni)