DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 20 April 2019 / 19:54 WIB

AP I Tetap Tunggu Izin Kemenhub

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Kendati sudah menjalani proses verifikasi kelayakan operasional, tapi manajemen PT Angkasa Pura (AP) I tetap menunggu izin operasional Bandara Internasional Yogyakarta/ Yogyakarta International Airport (YIA) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Verifikasi yang telah dilakukan tiga direktorat Kemenhub ada beberapa poin bersifat mandatory atau perintah yang harus disempurnakan perusahaan pemrakarsa pembangunan YIA sebelum bisa masuk ke tahap operasi penerbangan internasional sesuai rencana akhir April 2019.

Diantara poin dimaksud tentang penyelesaian runway light atau tata lampu landasan pacu, pengecatan marka serta beberapa hal lain. Terhadap poin-poin temuan verifikasi tersebut, pihak PT AP I mengklaim sudah menyelesaikannya dan telah dilaporkan hasil evaluasinya ke kantor pusat.

“Airside sudah siap semua. Rambu dan lampu sudah terpasang. Evaluasi sudah kami laporkan ke kantor pusat AP I. Sepertinya izin operasi bandara juga menunggu tindak lanjut hasil evaluasi,” kata Project Manager Pembangunan YIA, Taochid Purnama Hadi.

Diungkapkan, untuk sertifikat kelaikan bandara dari Kemenhub sudah ada. Khususnya untuk menyambut penerbangan internasional nanti. Dalam operasional penerbangan internasional, AP I menggunakan bangunan terminal seluas sekitar 12.900 meter persegi sedangkan pada fasilitas airside (sisi udara) sudah selesai semuanya sehingga bisa digunakan untuk penerbangan.

Menyinggung kapasitas apron Taochid mengungkapkan bisa menampung 9 unit pesawat secara bersamaan. Sedangkan untuk operasi penuh pada akhir 2019 nanti, sertifikasi tetap akan diajukan kembali untuk fasilitas landside (sisi darat). (Rul)