Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 20 April 2019 / 15:42 WIB

Bobol Rekapan C1, 2 Anggota PPS Diamankan

PURWOKERTO, KRJOGJA.Com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyumas, mengamankan dua Panitia Pemilihan Suara (PPS) Desa Sidabowa, Patikraja, Banyumas. Mereka adalah Ed (48) Ketua PPS, dan Tri (41) anggota PPS Desa Sidabowa.

"Keduanya diamankan diduga mengambil rekapan pemungutan suara pada kotak suara yang tersimpan di gudang penyimpanan di  Kantor Desa Notog, Patikraja, pada Jumat (19/4/2019) malam," kata Saleh Dermawan Devisi Penindakan Bawaslu Banyumas,Sabtu (20/4//2019).

Menurutnya kedua pelaku pada Jumat (19/4/2019) malam,mendatangi gudang penyimpanan kotak suara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Patikraja di kantor Desa Notog, Patikraja. Kedua pelaku mengendarai monil suzuki cary pickup dan membuka segel kotak suara dengan cara menggunting.

Kemudian mengambil sampul warna coklat berisi rekapan hasil pemungutan suara pada sampul yang terdiri C1.Sejumlah saksi yang melihat kejadian melapor ke PPK Patikraja.

Anggota PPK Patikraja yang mendapat laporan kejadian itu, meminta kedua pelaku yang dalam perjalanan pulang diminta kembali ke gudang penyimpanan,kemudian kedua pelaku ditangkap dan diamankan ke Bawaslu Banyumas.

Dalam pemeriksaan kedua pelaku mengaku melakukan aksi tersebut, karena dalam penghitungan pemungutan ada yang bermasalah dan perlu sinkronisasi data. Mereka kemudian mendatangi gudang penyimpanan kotak suara di Kantor Desa Notog, Patikraja untuk mengambil rekapan hasil pemungutan suara, namun aksi tersebut ketahuan warga dan dilaporkan ke PPK.

Untuk pengusutan kasus ini,mereka akan dijerat pasal 534 junto 535 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pemilu, dan pasal 364 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tahun.

Petugas Bawaslu juga menyita barang bukti berupa dua gunting, sampul coklat berisi rekapan hasil pemungutan suara, mobil pickup, dan HP. Sedang saksi yang diperiksa sebanyak lima orang. (Dri)