Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 20 April 2019 / 10:28 WIB

Meriah, Kirab Budaya Kelurahan Pangenrejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Masyarakat Kelurahan Pangenrejo Kecamatan/Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kirab budaya, Jumat (19/4). Ratusan warga terlibat menampilkan berbagai potensi budaya yang mereka miliki pada karnaval dalam rangka merti desa itu.

Kirab budaya diikuti perwakilan warga dari delapan Rukun Warga (RW) di Pangenrejo. Mereka mengawali karnaval dari Lapangan Siluwok Pangenrejo lewat jalan tengah kelurahan, lalu keluar ke Jalan Brigjen Katamso dan kembali ke Lapangan Siluwok. "Warga antusias sekali, baik dari peserta maupun penontonnya," ujar salah satu panitia penyelenggara, Budi Anugrah, kepada KRJOGJA.com.

Menurutnya, kirab budaya diselenggarakan setiap tahun yang diselenggarakan setiap bulan Ruwah atau menjelang Ramadan. Merti desa merupakan kegiatan turun temurun yang diselenggarakan masyarakat Pangenrejo sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diterima setahun terakhir.

Peserta kirab budaya dari RW 08 Pangenrejo Slamet Bendot mengatakan, warga antusias mengikuti kirab budaya. Mereka mempersiapkan diri membuat barisan yang unik.

Remaja membuat kostum karnaval menggunakan koran bekas. "Sementara kami, para bapak, menghias mobil dengan dipasangi sound sistem. Sepanjang jalan kami memutar musik dan semua bergembira bersama," terangnya.

Selain itu, katanya, warga juga bergembira karena telah melewati Pemilu 2019 dengan baik. "Pilpres dan Pileg di Pangenrejo berlangsung aman dan damai, tidak ada salahnya kami bergembira merayakannya," tandasnya. (Jas)