Hiburan Editor : Agus Sigit Sabtu, 20 April 2019 / 10:11 WIB

Buktikan Tetap 'Cadas', Rolland Band Rilis Single Juara

YOGYA, KRJOGJA.com - Rolland Band, grup yang dibentuk di Yogyakarta 22 Desember 1984 lalu ternyata tak kehilangan kreativitas. Di bulan April 2019 ini, band yang digawangi Petrus Rolland sebagai vokalis ini bahkan merilis sebuah lagu baru bertajuk Juara.

Bersama aranger dari Semarang Ari Sulistyono, lirik karya Dina Firli berhasil disulap menjadi sebuah lagu bergenre rock klasik yang bertenaga dan menempel di telinga. "Lagu tersebut menggambarkan tunas patria bertumbuh sebagai penghela dan permersatu bangsa, seiya sekata, saling melayani, tekun, taat serta setia memelihara kebhinekaan dengan hati riang gembira," ungkap Petrus kepada wartawan Sabtu (20/4/2019).

Lagu Juara ini dinilai mampu menjadi daya dorong kesadaran kolektif masyarakat untuk bersatu dan dengan kepenuhan empati menciptakan Indonesia menjadi bangsa juara. "Kita sedang butuh semangat itu dan kami coba sampaikan melalui lagu Juara," tandas dia.

Video clip Juara, single Rolland Band sudah tayang di Youtube dan mulai menuai simpati publik rock dari berbagai penjuru negeri. Ini sekaligus membuktikan bahwa sebagai kampiun band rock, Rolland Band makin digdaya di usia yang tak lagi muda.

Pada era tiga setengah dasa warsa silam, publik tentu ingat warna bermusik Rolland Band yang mengiblat pada Judas Priest. Nomor-nomor lagu yang diusungpun banyak mengambil hit-hit dari grup heavy metal kesohor asal Inggris itu.

Tak heran kemudian banyak yang mengidentikkan kelompok band heavy metal asal Jogja ini sebagai Judas Priestnya Indonesia. Sekalipun demikian bukan berarti Rolland hanya sekadar epigon tanpa karya mandiri.

"Kami juga punya lagu ciptaan sendiri dan beberapa diantaranya berhasil memperoleh apresiasi tinggi dimasanya. Setiap kali membawakan lagu karya sendiri, terutama Teror, Gigolo, Percakapan Satu Kamar banyak hal menarik yang saya ingat terjadi," kenangnya.

Dahulu, pada masa itu di akhir penampilan, Rolland Band selalu dikawal tentara serta polisi ketika turun dari atas stage. “Kalau cuma sekuriti sipil sulit bisa diandalkan. Pengalaman menunjukkan, banyak penggemar, lelaki dan perempuan muda, mencoba nekat menerobos naik panggung saling berebut menghadiahi peluk dan cium," kenangan luar biasa yang membuat kami terus ingin berkarya saat ini.

Kini, Rolland tengah menunggu respon publik di single terbaru, Juara. Pun begitu rencana grupnya kedepan untuk melangkah sangat tergantung dari publik.

"Kalau single ini diterima masyarakat, besar peluangnya menjadi modal menjelajahi berbagai kota besar menyulut semangat publik rock dengan energi Rolland Band yang masih membara," pungkas Petrus Rolland. (Fxh)