DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 19 April 2019 / 16:02 WIB

Gerindra Bantul Klaim Perolehan Kursi Bertambah

BANTUL, KRJOGJA.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Bantul optimis perolehan kursi di DPRD Bantul dalam pemilu tahun ini meningkat. Merujuk data perolehan suara yang masuk ke Kantor DPC, ada kemungkinan Gerindra Bantul bisa mendapat 8-9 kursi. Dapil yang sebelumnya sama sekali tidak dapat kursi, di Pemilu 2019 bisa mendapat suara cukup banyak.        

"Melihat data yang sudah masuk, kami sangat optimis Gerindra mampu meraih 8-9 kursi untuk DPRD Bantul," ujar Sekretaris DPC Partai Gerindra Bantul  Darminto, Jumat (19/4/2019).

Dijelaskan, dalam pemilu legislatif kali ini disemua dapil, Gerindra meraup suara cukup banyak.  Bahkan khusus dapil Dapil I (Bantul , Sewon) dimungkinan bisa dapat dua kursi. Demikian juga dapil II (Banguntapan, Piyungan) diprediksi meraih dua kursi, termasuk dapil IV (Jetis, Bambanglipuro, Pundong , Kretek)  juga bisa meraih dua kursi. 

"Ada tiga dapil yang kami prediksi  dapat dua kursi, dapil I kandidat kuat mas Enggar Suryo Jatmiko, kandidat kuat untuk dapil II mas Gayuh dan Mbak Novi. Sementara untuk dapil IV peraih suara terbanyak Pak Saryanto dan dibelakangnya ada Pak Kardiyono. Tetapi sekali lagi semua masih bersifat sementara karena suara belum masuk semua," ujarnya. Sementara untuk DPRD DIY, Darwin berharap setiap dapil bisa terwakili.  

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kusbowo mengatakan, pihaknya belum bisa membeberkan terlalu banyak terkait dengan perolehan kursi di DPRD Bantul. Selain belum semua suara masuk  perolehan  kursi  dewan juga dipengaruhi  partai lainnya. Kusbowo mengatakan, dalam pemilu sebelumnya PDIP meraup 12 kursi. "Melihat dinamika yang ada sekarang ini perolehan kursi PDIP di DPRD Bantul  masih sama seperti Pileg sebelumnya. Tetapi ada perubahan komposisinya yang dulu dapat dua, kali ini dapat satu,” jelasnya.

Kusbowo mengatakan, berdasarkan suara yang masuk versi DPC, dapil 1 sebelumnya dapat satu kali ini bisa dua,  dapil II bisa dari 3 turun menjadi 2. "Sedang dapil 3 tetap 2 kursi, dapil IV bisa satu kursi dan bisa dua belum bisa dipastikan. Dapil V memungkinkan untuk dapat dua kursi dan dapil VI dua kursi," ujar Kusbowo.  Saat ini pihaknya belum bisa memberikan kepastian, karena data masih  terus berubah. “Untuk pastinya lihat setelah direkap oleh KPU, kalau sekarang baru hitungan kami,” ujarnya.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bantul Bangsa H Abdul Halim Muslih, sejuah ini belum dilakukan penghitungan secara menyeluruh. Dari pantauan KRjogja.com dilapangan didapil IV,  Suradal meraup 5.557 suara unggul jauh dari caleg lain dari PKB.  Sementara Jumat hari ini rekapitulasi dilakukan disemua kecamatan di Bantul.(Roy)