Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Jumat, 19 April 2019 / 18:31 WIB

Amankan Ibu Kota, Yonif 305/Tengkorak Gelar Latihan Fast Roping

JAKARTA, KRJOGJA.com - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. meninjau pasukan TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 305/Tengkorak Brigif 17/Kostrad dibawah pimpinan Letda Inf Muiz Arrazag, yang sedang melakukan latihan Fast Roping di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019). 

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI beserta rombongan menyaksikan secara langsung aksi dari 32 prajurit Yonif Raider 305/Tengkorak dengan perlengkapan senjata SS2 V4 secara berbarengan turun ke darat dari 2 unit Helly Bell 412, dengan menggunakan tali yang masing-masing ujungnya dikaitkan di badan helikopter. 

Latihan Fast Roping prajurit TNI Yonif Para Raider 305/Tengkorak yang dipusatkan di Monas tersebut, merupakan salah satu kegiatan dalam mengamankan tahapan-tahapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019. 

Kegiatan latihan tersebut juga merupakan mobilisasi udara dalam rangka mengasah kemampuan dan kesiapsiagaan yang harus dimiliki oleh pasukan Para Raider Brigif 17/Kostrad, seperti mendemonstrasikan penanggulangan teroris. 

Fast Roping atau terjun tali adalah latihan serangan bergerak secara cepat, senyap, dan tepat masuk ke dalam kawasan musuh untuk menghancurkannya.(*)