Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 19 April 2019 / 08:40 WIB

Pembangunan Bandara YIA Gunakan Slipform Paver Wirtgen Group

JAKARTA.KRJOGJA.com - New Yogyakarta International Airport (NYIA) merupakan bandar udara internasional yang sedang dibangun di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bandara ini memiliki luas lahan sekitar 645 hektar. 

Bandara NYIA direncanakan akan menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto yang sudah tidak mampu lagi menampung kapasitas penumpang dan pesawat. 

Bandara yang direncanakan beroperasi pada bulan April 2019 ini jika dapat selesai tepat pada waktunya, di klaim sebagai proyek pembangunan bandara tercepat di dunia. Meski cepat, namun tanpa mengkesampingkan kualitas dan juga sangat memperhatikan pemilihan materi maupun teknologi yang digunakan selama proses pembangunannya.

Pemilihan materi dan penerapan teknologi yang tepat guna selama proses pembangunan merupakan salah satu faktor pendukung terlaksananya pembangunan bandara yang tepat waktu dan berkualitas.

Senior Marketing PT. Gaya Makmur Tractors, Fakhrudin menyebutkan, pihaknya selaku distributor alat berat untuk unit wirtgen di Indonesia bersama dengan beberapa pihak penyedia jasa konstruksi ikut mendukung dalam penyediaan alat ke penyedia jasa konstruksi di berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

Salah satunya adalah dalam pembangunan proyek landasan udara NYIA, yang dimulai pembangunannya sejak bulan Oktober 2018 silam. Proyek pembangunan Bandara NYIA ini melibatkan 11 unit Slipform Paver dari Wirtgen group yang diantaranya terdiri dari 3 unit SP 64, 6 Unit SP 500 dan 1 unit SP 84 

"Seluruh unit Slipform Paver tersebut digunakan untuk melakukan pekerjaan pencetakan beton untuk area Apron, Taxiway, dan Runaway," ujarnya, Jumat (19/04/2019).

Dijelaskan Fakhrudin, pemilihan unit Slipform Paver Wirtgen sebagai salah satu teknologi pencetak beton yang digunakan dalam proyek pembangunan bandara NYIA adalah untuk menghasilkan cetakan beton yang memiliki kualitas tinggi dan kepadatan yang presisi juga memiliki lebar dan ketebalan beton yang diinginkan. 

Tak hanya dapat mencetak beton dengan presisi yang diinginkan, namun Wirtgen Slipform Paver juga unggul dalam sisi efisiensi waktu, sehingga proyek pembangunan infrastruktur bandara dapat terlaksana dalam tenggat waktu yang telah ditentukan. (Imd)