Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 19 April 2019 / 05:50 WIB

Penduduk Dunia Diminta Memotret Pohon, Ini Tujuan NASA

NASA sedang melaksanakan sebuah misi untuk menyelamatkan alam. Badan antariksa milik pemerintah Amerika Serikat ini menginginkan penduduk yang ada di dunia untuk berpartisipasi dalam kegiatan mereka.

Satelit ICESat-2 tengah memperkirakan ketinggian pohon dari angkasa luar dan NASA telah menciptakan perangkat baru untuk "ilmuwan warganet" agar bisa membantu lembaga tersebut dalam memeriksa pengukuran itu dari daratan.

Alat yang diperlukan oleh orang-orang hanyalah sebuah ponsel pintar, sebuah pita pengukur opsional, dan sebuah pohon.

Diluncurkan pada September 2018, satelit ICESat-2 membawa instrumen yang disebut ATLAS, yang menembakkan 60.000 pulsa cahaya ke permukaan Bumi setiap detiknya ketika wahana tersebut mengorbit planet kita.

"Ini pada dasarnya adalah sebuah laser yang ditempatkan di angkasa luar," kata Tom Neumann, ilmuwan proyek untuk ICESat-2 di NASA Goddard Space Flight Center.

Dengan mengukur posisi satelit, sudut, dan lama sinar laser itu memantul kembali dari permukaan Bumi, para ilmuwan dapat mengukur ketinggian es di laut, es di darat, lautan, air di daratan, dan pepohonan.

Dengan demikian, para peneliti bisa memperkirakan kesehatan hutan yang masih hijau di seluruh pelosok negeri dan jumlah karbon dioksida yang dapat diserap oleh tanaman tersebut.

"Anda tidak bisa begitu saja menyuruh sekelompok anak sekolah di Pennsylvania agar pergi ke Antarktika, untuk mengukur ketinggian lapisan es di sana supaya Anda bisa mendapatkan kalibrasi," katanya, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (18/4/2019).

NASA hanya meminta penduduk di seluruh negara untuk mengambil gambar dari pepohonan yang mereka temukan di mana pun mereka berada dengan menggunakan ponsel pintar dan mengunggah hasil jepretan ke aplikasi GLOBE Observer.

Setelah mengunduh aplikasi itu yang sudah tersedia di layanan Play Store, Anda dapat memilih berbagai alat dengan fungsi berbeda, seperti merekam pergerakan awan, habitat nyamuk, dan lanskap di sekitar Anda.

Sedangkan fitur baru untuk mengukur pohon bernama GLOBE Trees. Saat Anda pertama kali membukanya, akan ada panduan (tutorial) yang sungguh-sungguh menjabarkan cara pengukuran pohon, yang memungkinkan Anda melakukan triangulasi tentang ketinggian pohon.

Petunjuk tersebut mencakup kiat-kiat untuk, seperti, "memilih sebuah pohon", apakah itu bengkok dan mudah patah --sebab tidak bisa diukur nantinya.(*)