Ekonomi Agregasi    Jumat, 19 April 2019 / 10:44 WIB

Ivanka Trump Tolak Tawaran jadi Presiden Bank Dunia

NEW YORK, KRJOGJA.com – Putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivanka mengatakan bahwa dia telah menolak tawaran jabatan sebagai pimpinan Bank Dunia saat sang ayah menanyakan apakah dia tertarik untuk menempati posisi tersebut.

Pekan lalu Trump mengatakan bahwa dia telah bertanya kepada Ivanka apakah putrinya itu menginginkan posisi sebagai pejabat paling senior di Bank Dunia, karena “dia sangat baik dengan angka-angka”.

Namun, Ivanka sekarang telah mengonfirmasi telah menolak tawaran itu saat ditanyakan, dan menyatakan bahwa dia “senang dengan pekerjaannya” sebagai penasihat Gedung Putih. Demikian diwartakan BBC, Kamis (18/4/2019).

Berbicara kepada Associated Press dalam perjalanan ke Pantai Gading, Ivanka mengatakan bahwa ayahnya menyinggung mengenai tawaran itu sebagai “pertanyaan” tetapi dia menolaknya. Dia mengatakan bahwa David Malpass yang akhirnya ditunjuk sebagai Presiden Bank Dunia  oleh AS akan melakukan “pekerjaan yang luar biasa” di posisi tersebut.

Ditanya apakah presiden telah menawari dia pekerjaan penting lainnya, dia mengatakan bahwa dia akan "menjaga pembicaraan itu di antara" mereka berdua.

Dalam wawancaranya pekan lalu, Trump mengatakan dia memikirkan untuk memberi putrinya sejumlah peran berbeda - termasuk duta besar AS untuk PBB, karena dia yakin dia adalah "seorang diplomat alami".

Tetapi dia diperingatkan untuk tidak mencalonkannya untuk posisi itu, katanya, karena "mereka akan mengatakan nepotisme, padahal itu tidak ada hubungannya dengan nepotisme".