Olahraga Agregasi    Kamis, 18 April 2019 / 14:34 WIB

Man City Tersingkir di Liga Champions, Guardiola Sindir VAR

MANCHESTER, KRJOGJA.com – Langkah Manchester City di ajang Liga Champions 2018-2019 harus terhenti di babak perempatfinal setelah kalah dramatis dari Tottenham Hotspur. Usai laga digelar, pelatih Man City, Josep Guardiola, pun menyinggung keputusan yang diambil wasit setelah melihat tayangan video assistant refeere (VAR). Sebab, Guardiola merasa keputusan yang diambil tak sepenuhnya adil.

Laga Man City kontra Spurs yang digelar di Etihad Stadium, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, memang melibatkan betul peran VAR. Tercatat, ada dua keputusan yang diambil wasit setelah menyaksikan tayangan ulang dari teknologi tersebut.

Pertama, terjadi pada menit ke-73. Kala itu, gol ketiga Spurs yang dicetak oleh Fernando Llorente mengundang kontroversi karena dinilai handball. Tetapi, wasit memutuskan untuk tak menganulir gol tersebut setelah menyaksikan VAR karena dianggap tak ada tindakan handball.

Pada masa injury time babak kedua, wasit pun kembali harus melihat VAR karena gol kelima Man City yang dicetak Raheem Sterling dinilai tak sah oleh hakim garis. Pasalnya, Sergio Aguero terlihat lebih dahulu dalam posisi offside. Setelah melihat VAR, wasit pun mengamini keputusan hakim garis. Akibat keputusan ini, Man City harus menerima kenyataan gagal melenggang ke empat besar karena kalah aktivitas gol tandang dari Spurs.

Guardiola tentu saja kecewa dengan kondisi ini. Pelatih berkepala plontos itu merasa timnya benar-benar dirugikan oleh VAR. Sebenarnya, Guardiola secara pribadi tak mempermasalahkan dianulirnya gol Sterling pada laga itu. Ia menerima keputusan wasit yang menganggap Aguero offside. Tetapi, Guardiola kecewa karena keputusan yang serupa tak diambil atas gol ketiga Spurs. Padahal, ia merasa adanya handball.

“Ini kejam, tapi kami harus menerimanya. Dalam 20 menit, kami dalam keadaan unggul 3-2. Lima gol dalam 20 menit bukanlah hal yang normal. Di babak kedua, kami menciptakan banyak peluang dan kami mencetak gol-gol yang diperlukan. Sayangnya, berakhir buruk bagi kami,” ujar Guardiola, sebagaimana dikutip dari Goal, Kamis (18/4/2019).

“Gol Sterling yang dianulir pada laga itu memang benar offside. Saya mendukung VAR tetapi mungkin dari satu sudut pandang gol Fernando Llorente adalah handball, mungkin dari pandangan wasit itu bukan," tukasnya. (*)